• index
  • pojok ragam
  • SISTEM DATA PENDUDUK BULANAN SECARA MANDIRI (Si Datuk Beladiri)

SISTEM DATA PENDUDUK BULANAN SECARA MANDIRI (Si Datuk Beladiri)

Oleh: Kasi Pemerintahan Dan Trantib Kelurahan Karang Asam Ulu Samarinda, Arfani Borneo, SH

Kelurahan merupakan instansi unit kerja sebagai penerima pelayanan publik secara langsung terhadap warga masyarakat. Pelayanan di kelurahan tidak hanya tentang pemenuhan kebutuhan terhadap warga untuk administrasi surat pengantar atau surat keterangan lainnya, tetapi ada juga pelayanan terhadap Ketua RT dalam melaksanakan pelaporan data penduduk bulanan.

Laporan data penduduk bulanan adalah pergerakan dinamika pertumbuhan penduduk antara lain pindah, datang, lahir dan meninggal, yang harus dilakukan setiap bulannya oleh setiap Ketua RT, akan tetapi pelaporan yang disampaikan oleh Ketua RT ini tidaklah berjalan sesuai dengan ketentuan. 

Adanya ketidaksesuaianya jumlah jiwa dan kepala keluarga, format pelaporan yang masih manual serta keterlambatan penyerahan pelaporan setiap bulannya , hingga kemungkinan hilangnya berkas yang telah disampaikan kepada kelurahan, dapat terjadi disetiap bulannya untuk merekapitulasi jumlah penduduk keseluruhan, baik jumlah jiwa maupun jumlah kepala keluarga yang tidak terukur menjadikan laporan data penduduk dengan hasil yang tidak maksimal.

Berangkat dari beberapa kendala inilah, melalui Kasi Pemerintahan dan Trantib Kelurahan Karang Asam Ulu yaitu Arfani Borneo, SH, menginginkan perubahan metode dalam penyampaian bentuk pelaporan data penduduk bulanan. Dan sebagai peserta Pelatihan Kepemimpinan Pengawas Angkatan I yang diselenggarakan oleh Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN RI) diikuti pada tahun 2025, maka lahirlah gagasan ide kreatif dan inovasi, tercetuslah Sistem Data Penduduk Bulanan Secara Mandiri atau dikenal dengan sebutan Si Datuk Beladiri*

Metode untuk melakukan sebuah perubahan kebiasaan atau sebagai bentuk tranformasi manual ke digitalisasi yang dilakukan oleh Ketua RT disetiap bulannya* 

Dengan pemanfaatan teknologi informasi yang tepat guna dan sederhana, penggunaan Google Form dan Google Sheet adalah sebuah jawaban selama ini yang dapat memberikan pelaporan secara mudah, serta mandiri secara “real time" melalui aktivitas administrasi pelayanan warga di Kelurahan Karang Asam Ulu.

Dan pelaksanaan sosialisasi Implementasi Aksi Perubahaan di Kelurahan Karang Asam Ulu yang telah dilakukan, dengan mengundang semua Ketua RT, mampu memberikan antusias yang sangat positif serta dukungannya, karena penginputan laporan dinamika pertumbuhan penduduk bisa dilakukan menggunakan HP masing-masing Ketua RT dan bisa dilakukan dengan waktu kapan saja dan dimana saja. 

Manfaat dari sistem ini memberikan efesiensi waktu dari aktifitas Ketua RT, kemudahan dan cepat cara input, data warga dapat terukur dengan baik, serta tidak lagi menggunakan kertas “paperless" atau bahkan hilangnya berkas laporan yang menumpuk di Kelurahan dalam menyampaikan pelaporan, menghasilkan efek pelaporan yang tepat waktu, sehingga rekapitulasi pelaporan penduduk di Kelurahan kepada Kecamatan bisa terakomodir sesuai jadwal,  serta data penduduk yang bisa tersaji dengan faktual.



Share: