Aparat Kampung Diberi Pembekalan Oleh Dispusip Berau

POJOKALTIM, BERAU - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Berau terus melakukan transformasi untuk meningkatkan minat masyarakat berkunjung ke perpustakaan. Salah satu dengan memberikan pembekalan memberikan ilmu dan pengetahuan terhadap masyarakat, khususnya aparat kampung di Kabupaten Berau.

Pustakawan Ahli Muda Dispusip Berau, Titia Rani Tyas Dita, saat ini perpustakaan telah bertransformasi atau berubah lebih baik lagi. Sebab, jika tidak ada perubahan maka perpustakaan akan ditinggal oleh peminatnya.

"Kita terus melakukan perubahan dalam "merangsang" masyarakat dalam melakukan kunjungan ke perpustakaan," ujarnya kepada wartawan.

Saat ini seluruh perpustakaan termasuk di Kabupaten Berau diwajibkan untuk berubah. Salah satunya lewat transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS) yaitu mitra Perpustakaan Nasional (Perpusnas).

Padahal perpustakaan disebutnya sangatlah penting. Sehingga, pihaknya melakukan transformasi dengan cara melatih keterampilan untuk meningkatkan kualitas hidup. Seperti kesejahteraan literasi terhadap masyarakat. "Seperti pembekalan pelajaran tentang pengoperasian komputer itu adalah salah satu bentuk transformasi kami," paparnya.

Banyak hal yang sudah dilakukan Dispusip Berau. Selain mengenalkan pelajaran komputer, pihaknya juga melakukan pelatihan terkait dengan public speaking serta beberapa hal lainnya.

"Akan ada banyak kegiatan yang kami lakukan, karena sekarang Perpustakaan bukan hanya sebagai wadah untuk membaca buku saja, melainkan akan banyak pelatihan yang digaungkan," pungkasnya. (adv/densul/dpk kaltim)

Share: