Dari Hasil Kunjungan, Pemkot Tidak Temui Makanan Berbahaya

POJOKALTIM.CO.ID, BALIKPAPAN - Pemerintah kota (Pemkot) Balikpapan, melalui Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) melakukan kunjungan kedua Pasar Ramadan yang berada di kawasan Balikpapan Permai (BP) dan Klandasan, Balikpapan Kota, Rabu (6/4/2022) sore.

Disela kunjungan, Wali kota Balikpapan Rahmad Mas'ud mengatakan, kegiatan pasar Ramadan ini salah satu bentuk dukungan untuk membantu perekonomian warga dengan menggerakkan para UMKM.

Tidak hanya mengecek ke lapangan, pihaknya juga mengambil 10 sampel makanan untuk dicek. Hal ini untuk menghindari adanya penggunaan zat berbahaya.

"Mudah-mudahan tidak ada makanan yang dapat merusak kesehatan," ucap Rahmad Mas'ud usai berkeliling Pasar, Rabu sore.

Sementara untuk evaluasi tidak ada, karena kegiatan ini terus berlangsung setiap tahun. Hanya saja kegiatan ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan (Prokes).

"Prokes ini dilakukan pedagang dengan memberikan batas untuk komunikasi secara langsung antar pembeli dan penjual," akunya.

Adapun beberapa sempel yang diambil, antaranya makanan yang memiliki warna mencolok. Karena dikhawatirkan ada indikasi pewarna seperti ikan asin.

Tepat terpisah, Kepala Loka Pom Sumiyati membenarkan, bahwa pihaknya tidak menemukan adanya pangan yang berbahaya, sehingga masyarakat aman untuk berbelanja di Pasar Ramadhan yang baru disidak ini.

Untuk pemeriksaan saat ini baru dilakukan di dua pasar yakni Pasar Ramadhan Klandasan dan Balikpapan Permai. Tetapi Loka Pom akan rutin turun ke semua titik pasar Ramadan yang ada di kota Balikpapan.

"Dan sampai hari ke-4 ini, kami belum menemukan adanya bahan makanan berbahaya," tegas Sumiati

Dalam kunjungan, ada 16 sempel makanan yang dicek dan semua negatif mengandung Formalin, Boraks, Rhodamin B dan Methanil Yellow. Adapun jenis makanan yang dicurigai, seperti mie, tahu, ikan asin dan ikan teri yang bisa ditambahin formalin. Kemudian minuman es yang memiliki warna menarik perhatian.

"Selama bulan Ramadhan kami akan rutin turun ke lapangan, dan kami pastikan semua titik akan kita kunjungi," pungkasnya. (ari)

Share: