Diskominfo Kaltim Fokus Naikan Index SPBE Di 2023

POJOKALTIM, SAMRINDA - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) sudah merancang fokus yang akan dicapai pada 2023. Salah satunya adalah tentang perbaikan indeks system pemerintahan berbasis elektronik (SPBE).

Langkah itu bukan tanpa alasan. Sebab, pada 2021, indeks tersebut di Kaltim mengalami penurunan hingga 2,22 persen. "Penurunan Indeks SPBE ini tidak hanya dialami Kaltim saja. Melainkan di semua provinsi secara nasional atau hampir 95% daerah mengalaminya," ungkap Faisal. 

Hal itu dia sampaikan saat menghadiri rapat dengar pendapat (RDP) jelang Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Gubernur Kaltim bersama Anggota Pansus DPRD Kaltim dan organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemprov Kaltim di Hotel Grand Jatra Balikpapan, baru-baru ini.

Oleh karena itulah, tahun depan Diskominfo Kaltim akan fokus melakukan pembinaan di Kabupaten Berau, yang selama ini tidak memiliki SPBE. Hal ini merupakan wujud komitmen Diskominfo Kaltim dalam mendorong percepatan penerapan SPBE kabupaten/kota, demi mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik.

"Selain itu, Diskominfo Kaltim, tahun lalu, juga mendapatkan beberapa prestasi, di antaranya peringkat ketiga nasional dalam kemerdekaan pers, peringkat ketiga nasional untuk literasi digital dan peringkat ketujuh nasional terkait keterbukaan informasi publik," tandasnya. (adv-kmf)

Share: