Distribusi Air Bersih, Listrik Dan Bahan Pokok Aman

Permintaan Wawali Jelang Ramadan


POJOKALTIM, SAMARINDA- Memasuki bulan suci Ramadan ditengah pandemi Covid-19, Wakil Wali Kota Samarinda Dr H Rusmadi Wongso bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) menggelar rapat koordinasi dalam menyamakan persepsi demi mewujudkan kondisi sosial yang tentram dan tertib selama menjalankan ibadah puasa.


Rakor yang dihadiri Wakil Ketua DPRD Samarinda H Subandi ini berlangsung Selasa (6/4/2021) pagi diruang rapat utama gedung Balaikota.


Wawali sendiri dalam arahannya menyampaikan jika Rakor yang dilaksanakan pagi itu sangat penting. Karena menurutnya Pemerintah wajib memberikan jaminan kepastian terhadap ketersediaan sembako, pasokan listrik, hingga distribusi air bersih bisa berjalan lancar dan aman selama Ramadan.


"Harapan kami sentral-sentral penting yang saya sebutkan tadi harus beroperasi lancar selama ramadhan supaya warga yang menjalankan ibadah puasa bisa fokus dan tidak merasa terganggu, khususnya listri dan air," pesan Rusmadi.


Mengingat jelas dia, Kementerian Agama juga telah mengeluarkan surat edaran yang isinya memberikan kelonggaran terhadap aktivitas ibadah selama  Ramadan.


Termasuk di dalamnya mengatur sholat Tarawih hingga buka puasa dengan tetap menjaga kapasitas jumlah jamaah dan tetap mengedepankan protokol kesehatan Covid 19.


"Artinya surat edaran Menteri Agama tadi sudah sejalan dengan isi Perwali yang sudah kami terbitkan, isinya memberikan kelonggaran aktifitas warga tapi tetap disiplin protokol kesehatan," timpal Wawali.


Terkait jam operasi Tempat Hiburan Malam (THM), mantan Kepala Bappeda Provinsi Kaltim ini memastikan akan ditutup selama ramadhan. Begitu pun dengan aktivitas pasar ramadhan, ia mengatakan ada tempat-tempat khusus yang nantinya bakal diatur Pemerintah yang boleh menggelar pasar Ramadan.


Tentunya dengan tidak ada kerumunan dan tetap menjaga jarak. "Termasuk pasar yang kurang teratur pasti akan ditertibkan khususnya yang beraktivitas diatas trotoar jalan raya karena bisa menganggu arus lalu lintas," jelasnya.


Sementara untuk ketersediaan sembako sendiri, Pemkot lanjut Wawali memberikan jaminan ketersedian tiga hingga enam bulan kedepan, khususnya untuk beras dan gula.


Bahkan jelang dan saat Ramadan nanti melalui Dinas Ketahanan Pangan bakal bakal digelar pasar murah dibeberapa titik untuk menjangkau warga yang ingin memenuhi kebutuhan pokok dengan harga terjangkau.


"Untuk keamanan dan ketertiban saya minta Camat dan Lurah selalu berkoordinasi dengan RT diwilayahnya untuk mewaspadai warga luar yang berkunjung ke Samarinda untuk menetap karena kita ingin menciptakan keamanan kota yang kondusif," ungkapnya mengakhiri. (CHA/DON/KMF-SMD/ADV)

Share: