Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo Mira Tayyiba.

Etalase Pencapaian Dan Usaha Indonesia

Kominfo Rilis Digital Transformation Expo G20 2022

POJOKALTIM, SAMARINDA - Inovasi program terus dikeluarkan Kementerian Komunikasi dan Informatika. Terkini, kementerian tersebut menghadirkan Digital Transformation Expo (DTE). Ini sebagai etalase pencapaian dan usaha Indonesia dalam melakukan akselerasi transformasi digital, sekaligus untuk menarik investasi di sektor digital. Dimana Perhelatan Presidensi G20 Indonesia tahun 2022 menjadi momentum penting dalam mewujudkan transformasi digital nasional. Melalui Digital Economy Working Group (DEWG).

"Kita ingin menjadikan Digital Transformation Expo sebagai showcase perjalanan transformasi digital Indonesia. Melalui expo ini, kita akan menunjukkan kepada dunia, terutama kepada negara-negara anggota G20," ujar Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo,Mira Tayyiba, dalam Sofa Talk Series Rangkaian Agenda Isu Digital dalam Presidensi G20 Indonesia yang berlangsung secara virtual dari Kantor Kementerian Kominfo,  baru-baru ini.

Menurut Sekjen Mira Tayyiba, Indonesia mengalami perkembangan bidang digital dengan pesat dan mampu memanfaatkannya menjadi solusi. Sebab perjalanan panjang transformasi digital nasional memiliki daya tarik tersendiri. Pasalnya, Indonesia berhasil mencapai target pembangunan infrastruktur digital satu dekade lebih cepat, menunjukkan pesatnya perkembangan teknologi digital di Indonesia, dikutip melalui kominfo.go.id

"Perkembangan ekosistem teknologi digital saat ini jauh berbeda dari perkembangan yang terjadi di tahun-tahun sebelumnya. Bahkan, ekosistem ekonomi digital Indonesia berhasil mendorong munculnya unicorn-unicorn baru di tengah pandemi," jelasnya.

Sekjen Mira Tayyiba yang juga bertindak sebagai Chair DEWG memaparkan bahwa pertumbuhan Start Up digital menjadi solusi di berbagai sektor, mulai dari e-commerce, fintech, hingga health-tech dan edu-tech.

"Kita akan mengemas DTE dengan cara yang menarik, tidak lagi menggunakan konsep expo secara konvensional," imbuhnya.

Melalui DTE,lanjutnya Pemerintah juga menggarisbawahi besarnya potensi sektor digital di Indonesia. Oleh karena itu, dalam ajang DTE, Kementerian Kominfo melalui DEWG akan menghadirkan experience dan visual menggunakan teknologi terbaru.

 "Cakupan transformasi digital Indonesia semakin berkembang dan luas, tidak hanya mengikuti tren tetapi benar-benar hadir sebagai solusi untuk masyarakat. Kami berharap bahwa dengan memperlihatkan keberhasilan sektor digital, Digital Transformation Expo dapat meningkatkan minat investasi negara-negara anggota G20 di Indonesia," harap Sekjen Mira Tayyiba. (adv)

Share: