Lomba Gagas Kembali Digelar DPK Bontang

POJOKALTIM.CO.ID, BONTANG - Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan (DPK) Kota Bontang kembali menggelar lomba Good Archival Governance Award (Gagas). Lomba kearsipan untuk Organisasi Perangkat Daerah (OPD) ini rutin diadakan setiap tahun sejak 2018 lalu.

"Ini tahun keempat kita gelar tapi kemarin sempat di 2019 kita tiadakan karena Covid-19," ungkap Kepala DPK Bontang, Retno Febriaryanti.

Pelaksanaan kegiatan tersebut sebagai bentuk komitmen bersama untuk membangun kesadaran tentang pentingnya tata kelola kearsipan yang baik pada perangkat daerah sesuai dengan aturan kearsipan yang berlaku.

"Pemberian penghargaan atau reward ini sebgai bentuk upaya kita dalam pembinaan kearsipan kepada OPD," ujarnya.

Dikatakan Retno, tahapan audit arsip ini melalui berbagai tahapan. Saat ini masih tahapan awal dimana nantinya OPD yang arsipnya sudah baik, sarana dan prasananya sudah memadai bakal menerima award Gagas.

"Kalau tahun lalu itu audit dan GAGAS ini perosesnya berbeda namun tahun ini kami satukan jadi hasil audit nanti digunakan untuk memberikan nominasi penilaian," jelasnya.

Dia menuturkan, nantinya akan ada dewan juri DPK Kaltim dan dari DPK Bontang.

"Dari DPK Bontang sebagai Lembaga Kearsipan Daerah (LKD) memiliki fungsi sebagai lembaga kearsipan daerah," tukasnya. (adv)

Share: