Pengumpulan Naskah Kuno Kerajaan Di Kaltim Berkendala

POJOKALTIM.CO.ID, SAMARINDA - Kaltim memiliki latar belakang sejarah yang kaya, karena pernah menjadi tempat berdirinya beberapa kerajaan. Beberapa di antaranya adalah Kerajaan Kutai, Kesultanan Kutai Kartanegara, Kesultanan Berau, Kesultanan Gunung Tabur, Kesultanan Sambaliung, dan Kesultanan Bulungan.

Namun, Kabid Deposit, Pelestarian, Pengembangan Koleksi dan Pengolahan bahan Perpustakaan DPK Kaltim Endang Effendi mengaku menghadapi kesulitan dalam menelusuri dan mengarsipkan naskah kuno.

"Ada keterbatasan anggaran. Karena banyak ada naskah kuno yang milik orang, dan ketika kami mendatangi itu kan perlu dana," ujar Endang.

Selain Dia juga mengatakan, naskah kuno atau peninggalan kerajaan tidak bisa diambil begitu saja. Naskah kuno adalah barang berharga yang memiliki nilai sentimental bagi pemiliknya. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan yang hati-hati.

"Kadang-kadang juga takut. Karena itu kenang-kenangan kerajaan," tambah Endang.

Endang menuturkan bahwa pihaknya tidak akan menyerah untuk mencari naskah kuno yang belum terungkap. Tujuannya adalah untuk menyimpan dan merawat naskah kuno agar bisa diakses oleh masyarakat luas dan menambah wawasan tentang sejarah Kaltim di masa lalu.

Dia juga menyampaikan bahwa pihaknya melakukan alih media untuk menjaga keberadaan naskah kuno. Alih media adalah proses mengubah naskah kuno menjadi bentuk digital. Dengan demikian, jika naskah kuno rusak atau hilang, masih ada salinannya yang bisa dilihat. Namun, karena proses mendapatkan naskah kuno masih sulit, proses alih media pun menjadi terhambat. (adv/azr/DPK Kaltim)

Share: