• index
  • Pojok Daerah
  • Roadshow Ke Sejumlah Objek Wisata, Kolaborasi Pelaku Industri Usung Optimisme Di Tengah Pandemi
Kolaborasi antar pelaku industri wisata Kaltim kunjungi sejumlah potensi lokal untuk dipromosikan

Roadshow Ke Sejumlah Objek Wisata, Kolaborasi Pelaku Industri Usung Optimisme Di Tengah Pandemi

Tak bisa dipungkiri, dampak pandemi Covid-19 memukul telak sektor pariwisata di seluruh dunia. Namun kesulitan untuk melakukan perjalanan keluar daerah, ditangkap sebagai sebuah peluang untuk mengenalkan potensi wisata lokal bagi warga setempat.

Hal inilah yang ingin disampaikan oleh Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA) Kaltim, saat menggagas roadshow tourism object di beberapa titik di Samarinda dan Balikpapan. Menggandeng sejumlah asosiasi pelaku industri pariwisata, kegiatan yang berlangsung Minggu (4/10) kemarin ini mengusung optimisme tinggi, untuk lebih mengenalkan beberapa objek wisata Kaltim.

"Potensi kita tak kalah dengan daerah luar, kita memiliki banyak objek yang luar biasa untuk dikembangkan dan memancing wisatawan untuk datang kemari," ucap I Gusti Bagus Putra, Sekretaris DPD ASITA Kaltim.

Kegiatan roadshow sendiri diikuti sejumlah asosiasi pelaku industri pariwisata, seperti Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) dan Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) Kaltim. Bertolak dari Taman Samarendah, rombongan yang berjumlah sekira 30 orang ini langsung menuju ke Mangrove Center di kawasan Kariangau Balikpapan.

Puas melihat mangrove yang juga menjadi habitat bekantan itu, rombongan melanjutkan perjalanan ke Balikpapan Plaza sekaligus rehat. Usai beradem-adem di pusat berbelanjaan, tak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi pantai. Jadilah Pantai Smackly sebagai destinasi berikutnya di Kota Beriman tersebut.

Meski dilakukan di tengah masa pandemi, panitia acara sangat memperhatikan protokol kesehatan. Karena inti dari acara ini sendiri adalah, mengenalkan potensi wisata lokal serta penerapan kebiasaan baru saat berlibur.

"Jangan karena pandemi ini kita justru menjadi pesimis, tapi bagaimana kita tetap optimis. Karena virus itu akan tetap ada dan kita semua berharap vaksin bisa segera ditemukan. Sehingga bisa membangkitkan lagi geliat pariwisata, tentu dengan penerapan adapatasi kebiasaan baru," pungkasnya.

Senada dengan itu, Kepala Dinas Pariwisata Kota Samarinda I Gusti Ayu Sulistiani yang ikut serta dalam rombongan, sangat mendukung upaya mendorong destinasi wisata baru untuk masyarakat. Di mana hal itu memiliki dampak positif juga untuk menghidupkan perekonomian masyarakat sekitar.

"Saya antusias sekali ya dengan kegiatan kolaborasi asosiasi pariwisata ini ya, mungkin nanti kita juga bisa mengundang mitra kami untuk acara semacam ini. Tapi mungkin akan lebih baik jika acara ini diselipi dengan diskusi bagaimana memajukan pariwasata di daerah," tutup Ayu.

Mengakhiri roadshow, setibanya kembali di Kota Tepian, rombongan langsung menuju Kapal Wisata Pesut Bentong yang saat ini difungsikan sebagai floater bar atau kafe terapung. Makan malam sederhana sekaligus menutup kegiatan yang rencananya akan menjadi agenda rutin asosiasi pelaku industri pariwisata Kaltim tersebut. (cuk)

Share: