Foto: aka/pojokaltim

Tak Hanya Sehat Fisik, Tapi Juga Ekonomi

Rusmadi Apresiasi Kampung Tangguh


POJOKALTIM, SAMARINDA- Inti Program Bebaya yang digaungkan Pemkot Samarinda dinilai sejalan dengan program di Kampung Tangguh. Pemkot berharap, program yang digaungkan Wali Kota Andi Harun beserta Wakilnya Rusmadi, mendapat dukungan semua lini warga. 



"Adapun dalam program Bebaya ini meletakkan warga sebagai subyek pembangunan. Bukan objek. Sehingga peran penting warga mendukung progam Bebaya sangat besar," ujar Rusmadi, Rabu (7/4).



Menurutnya, salah satu poin dalam program yang digaungkannya adalah membentuk pola pikir warga akan pentingnya menjaga kesehatan. "Dan yang paling penting tak hanya sehat secara fisik saja, melainkan juga sehat secara ekonomi. Terlebih saat ini banyak warga yang di PHK akibat pandemi," pesannya.



Hal tersebut disampaikan Rusmadi di depan warga Kampung Tangguh Jalan Jakarta RT 82 Loa Bakung Samarinda. Sebelumnya, Rusmadi beserta jajaran Camat, Lurah, Polsek Loa Bakung melakukan penanaman simbolis 1000 bibit pepaya.



Kampung Tangguh belum lama ini baru saja diresmikan Andi Harun. Berbagai terobosan dilakukan oleh penggerak Kampung Tangguh.



Seperti pemasangan 102 tiang lampu penerangan, taman, dan seterusnya. Di sini terdapat juga pos Sekretariat Kampung Tangguh yang juga difungsikan sebagai klinik kesehatan. Terdapat 2 dokter dan 3perawat yang siap berjaga di sana.



Tak hanya itu, ada juga 3 kolam ikan lele berukuran masing-masing sekitar 4 x 5 m di belakang pos sekretariat. Ada pula 2 tanah kaveling total seluas 2800 m2 yang sebagian sudah berdiri tanaman pepaya. Sebagian baru saja ditanam. Semua ini, merupakan swadaya warga RT 82.



Para penggerak RT 82 juga menyediakan kotak koin di tiap depan rumah warga. Ini digunakan untuk bersedekah. Tiap malam, koin tersebut diambil oleh penggerak. Sekalian, mereka mengecek keamanan rumah. Uang tersebut nantinya dibelikan sembako dan diserahkan kepada warga kekurangan. (aka/adv)

Share: