Tangkis Hoax Di Era Keterbukaan

POJOKALTIM, SAMARINDA - Persoalan bangsa dan daerah saat ini semakin besar diera keterbukaan informasi, media sosial dan hoax serta dihadapkan situasi pandemi yang berkelanjutan.

Demikian diutarakan Kepala Kesbangpol Kaltim H. Sufian Agus pada Forum Perangkat Daerah Tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah di Ruang Bina Bangsa, Selasa (8/3). 

Untuk itu, lanjutnya, pada forum perangkat daerah ini dapat menggali potensi dan masalah, sehingga dalam pertemuan mendapatkan hasil yang diharapkan. 

Sebut Sufian, forum perangkat daerah ini merupakan moment yang sangat strategis untuk mengkoordinasikan rancangan pembangunan yang akan mampu menjawab isu-isu strategis Badan Kesbangpol dalam menghadapi Ibu Kota Negara dan  pelaksanaan pemilu tahun 2024. 

"Saya menyambut baik dilaksanakannya kegiatan ini sebagai tidak lanjut edaran Mendagri Nomer 86 tahun 2017," ungkapnya

Seperti yang diketahui fungsi dan peran Kesbangpol adalah membantu tugas Gubernur dan Wakil Gubernur atau Bupati dan Walikota dalam pemerintahan. Dengan tupoksi tersebut dapat menjadi media untuk penyempurnaan renja perangkat daerah dan selanjutnya menjadi bahan penyempurnaan ranwa Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) dan menjadi rancangan RKPD. 

Tambahnya adapun tujuan lain dalam kegiatan tersebut diantaranya menyelaraskan program perangkat daerah dalam rangka optimalisasi pencapaian sasaran dan fokus pada pembanguan. 

"Mempertajam indikator serta target kinerja program dan kegiatan perangkat daerah sesuai tugas pokok dan fungsinya," terangnya. 

Kegiatan tersebut berlangsung selama 1 hari yang diikuti Perangkat Daerah baik Provinsi maupun Kabupaten dan Kota dengan menghadirkan narasumber Kepala Bidang Politik Dalam Negeri A. Firdaus serta Kepala Bidang Ideologi dan Wasbang dan Karakter Bangsa Fatimah Waty. (adv)

Share: