Tetap Waspada Walau Melandai

POJOKALTM, SAMARINDA - Grafik kasus positif Covid-19 di Kaltim terus mengalami penurunan. Situasi melandai itu menjadi angin segar. 

Menurut data Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kaltim, tercatat dalam sepekan kasus harian positif di bawah angka 100 kasus. Hal tersebut juga diikuti penambahan kasus sembuh yang tinggi setiap harinya.

Meskipun demikian, melihat penurunan kasus Gubernur Kaltim H Isran Noor meminta masyarakat agar tetap waspada dan tidak lengah. Apalagi sampai abai terhadap protokol kesehatan. Salah satu cara meminimalisasi penularan Covid-19 yakni dengan menjaga protokol kesehatan.

Manurutnya, jika penurunan kasus ini terus terjaga dengan baik, kemungkinan tidak lama lagi pemerintah akan mengumumkan perubahan status pandemi menjadi endemi. "Jangan mentang-mentang kita sudah bagus kondisinya kita abai, pemerintah sebentar lagi mungkin akan mengumumkan dari status pandemi menjadi endemi Covid -19," ungkapnya belum lama ini.

Melihat cakupan vaksinasi berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kaltim untuk dosis pertama sudah mencapai 99,74 persen dan vaksin dosis kedua 85,41 persen. Sementara untuk dosis ketiga atau vaksin booster, dimana saat ini baru mencapai 16,46 persen. (adv-kmf)

Share: