Sumber foto: Pendim 0911/Nunukan

TNI Bagikan 2.500 Paket Sembako

Di Perbatasan Indonesia-Malaysia


NUNUKAN - Rombongan tim Staf Teritorial (Ster) TNI mengunjungi pulau perbatasan tepat di Desa Aji Kuning, Sebatik Tengah, Selasa (27/10) pagi. Kunjungan itu, tak lain kegiatan Teritorial TNI Peduli Pandemi Covid - 19.

Dengan bekerjasama dengan Kodim 0911/NNK, kegiatan Pembinaan fungsi perbatasan wilayah Nasional (Bingfung Taswilnas) Ster TNI diikuti oleh unsur FKPD dan muspika Sebatik serta pengantar paket Sembako sebanyak 500 orang.


Asisten Teritorial (Aster) Panglima TNI yang diwakili oleh Paban VI/Taswilnas Ster TNI Kol. Laut (P) Purwanto SE, MSi., MTr (Han) mengatakan pandemi Covid-19 menjadi pandemi dunia sejak diumumkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia pada tanggal 11 Maret 2020 yang lalu.


Hal inilah yang menjadi persoalan tersendiri bagi masyarakat dunia dalam hal ini bukan hanya memberikan dampak bagi kesehatan tetapi juga berpengaruh pada aspek sosial dan kondisi perekonomian masyarakat.

"Untuk mengantisipasi hal tersebut tentu bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja tetapi juga menjadi tanggung jawab seluruh komponen masyarakat termasuk TNI dan Polri," terang Purwanto.


Kaitan dengan Ster Mabes TNI, kata dia, melalui kegiatan teritorial yang digelar di Sebatik dan akan mendistribusikan bantuan sosial dalam bentuk paket sembako secara door to door. "Kenapa door to door, agar tidak terjadi kerumunan massa dalam rangka upaya penanganan sekaligus meminimalisir serta membantu masyarakat yang berdampak pada Covid-19," ujarnya.


Setidaknya, ada sekitar 2.500 paket sembako yang diberikan kepada masyarakat di pulau Sebatik. Meski pun jumlah yang berbatasan, kata dia, diharapkan hal ini dapat memberi manfaat bagi masysrakat, khusus pulau Sebatik. "Kita juga lakukan penyerahan secara simbolis paket bantuan kepada perwakilan Tim Distribusi," tambahnya.


Distribusi bantuanya, diakuinya m menggunakan Patwal Roda 4 Polisi Nunukan, Patwal Roda 4 PM Nunukan, kendaraan Roda 2 Pendistribusian dan Kendaraan Roda 2 Pengawal dan penutup dari PM dan Polisi.


Menurutnya, kegiatan ini juga bertujuan untuk menangani, mencegah dan meminimalisir penyebaran Covid 19 serta bentuk aksi kepedulian TNI untuk meningkatkan sinergitas dengan Polri, Pemda serta masyarakat perbatasan khususnya di Pulau Sebatik Kabupaten Nunukan.


Sementara itu, Plt Bupati Nunukan, Faridil Murad mengatakan saat ini belum ada ditemukan obat maupun vaksin dari Covid-19. "Makanya untuk menangkalnya, harus menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan disiplin bagi semua instansi dan masyarakat," jelas Plt bupati.


Lanjut dia, saat ini, pemkab Nunukan tak pernah putus asa dalam upaya untuk melakukan percepatan penanganan covid- 19. Bahkan, Satgas Covid-19 Nunukan hingga kini terus bergerak untuk melakukan berbagai upaya dalam penanganan covid-19.


"Ada tiga bidang yang menjadi konsentrasi pemerintah bersama tim Satgas covid-19 Kab. Nunukan yaitu Penanganan di bidang kesehatan, Penanganan dampak ekonomi dan Penanganan dampak sosial," imbuh Faridil Murad.


Semua keberhasilan dalam penanganan tentu diperlukan keseriusan pemerintah bersama jajaran unsur Forkominda. Bahkan, peran TNI-Polri juga dibutuhkan. "Saya berharap langkah ke depan baik itu jajaran TNI - Polri bersama pemerintah daerah maupun masyarakat dapat terus sejalan dalam penanganan covid-19 ini. Hal ini menjadi salah satu langkah nyata dan komitmen kita bersama untuk mendukung percepatan penanganan covid-19 di Kabupaten Nunukan khususnya di Pulau Sebatik," pungkasnya. (rc/dv/f)




Share:

Berita Lainnya