Astra Motor Kaltim 1 Ajak Komunitas Honda Membangun UMKM

POJOKALTIM, BALIKPAPAN- Pandemi covid-19 membuat perubahan yang signifikan untuk masyarakat Indonesia, khususnya di Balikpapan. Bagaimana tidak, peningkatan penderita covid-19 membuat Balikpapan menjadi zona merah dan harus merasakan PPKM. Ketika PPKM diberlakukan, seluruh sector hampir berimbas pada segi ekonomi, khususnya ekonomi mikro. 



Melihat kondisi tersebut, Astra Motor Kaltim 1 ber-insiatif untuk melakukan program pemulihan Ekonomi untuk masyarakat yang dirumahkan. Dengan adanya Program Income Generating Activity diharapkan dapat membantu merecovery Ekonomi bagi masyarakat yang tidak bekerja karena dirumahkan.



Program Income Generating Activity dilakukan Astra Motor Kaltim 1 berkolaborasi dengan PHB Paguyuban Honda Balikpapan. Adapun kegiatan yang dilakukan yaitu Pelatihan UMKM IGA Komunitas Honda Balikpapan dalam Upaya Membantu Pemulihan Ekonomi Kota Balikpapan. Delapan bikers dari Paguyuban Honda Balikpapan mendapatkan pelatihan UMKM secara Teori dan juga Praktik oleh salah satu UMKM terkenal di Kota Balikpapan, yaitu Planet Soccer  Noni Wahyuni. 



Setelah mengikuti beberapa pelatihan, para paguyuban membuat Produk UMKM berupa PaperBag, Dimana sebagian bahan bakunya ada menggunakan Limbah daur Ulang Kertas yang dikelola Bank Induk Sampah II Kota Balikpapan. Produk tersebut juga mendukung Perwali No 08 Tahun 2018 tentang pengurangan penggunaan kantong Plastik. 



Semoga kegiataan ini ini dapat membantu  pertumbuhan ekonomi khususnya untuk Kota Balikpapan dan bikers Honda yang terdampak Pandemi Covid 19. Tidak hanya itu, semoga kegiatan ini dapat menyelaraskan dengan tujuan Pemerintah dalam upaya pemulihan ekonomi kota balikpapan serta Meningkatkan sinergy  Astra Motor Kaltim 1 terhadap pengembangan UMKM komunitas Honda terhadap Income Generating Activity.



Upaya ini juga termasuk dalam peningkatan Kualitas anggota komunitas Honda Balikpapan yang tidak hanya dari Komunitas Campaign Safety Riding, tetapi mampu masuk ke dalam Komunitas UMKM Kota Balikpapan dengan membawa Brand (Paguyuban Honda Balikpapan)" Ujar Daniel Natanael Toghas selaku Officer Safety Riding.



"Terimakasih kepada rekan-rekan paguyuban yang telah ikut andil dalam kegiatan ini, Semoga kegiatan ini terus memberikan dampak positif dan solidaritas terus terjalin," Tutup Suryanto Wirawan Region Head Astra Motor Kaltim 1.



Bagi Masyarakat Balikpapan yang  ingin memesan dan membeli PaperBag UMKM IGA Komunitas Honda Balikpapan dapat memesan melalui kontak Person 085345377770 Ardiansyah atau Ke Aplikasi Bukalapak Paguyuban Honda Balikpapan Store. (rc)

Share: