Honda Genio yang terlihat seperti saudaranya, Honda Scoopy, namun sebenarnya berbeda.

Sepintas Terlihat Serupa Tapi Berbeda

MELIHAT tampangnya, sepintas Honda Genio terlihat mirip dengan Honda Scoopy. Namun, kenyataannya tidak. Terlahir dari pabrikan yang sama, ada berbagai hal yang membuatnya sangat berbeda.

 

Dijelaskan Manager Marketing Main Dealer Astra Motor Kaltim 2, Yehezkiel Felix, kedua jenis skuter metik (Skutik) ini sama-sama memiliki dapur pacu 110 cc, namun memiliki kontribusi silinder yang berbeda.


"Genio memiliki mesin teknologi terbaru yaitu eSP dengan tenaga 9,0 PS pada 7.500 rpm dan torsi puncak 9,3 Nm pada 5.500 rpm. Sedangkan Scoopy sedikit diatasnya yaitu  daya 9,1 PS pada 7.500 rpm dan torsinya 9,4 Nm pada 6.000 rpm," terangnya.


Dari segi ukuran ada perbedaan signifikan. Genio memiliki ukuran paanjang 1.869, lebar 692 dan tinggi 1.061 mm, jarak sumbu roda 1.256 mm dan ground clearance 147 mm dan tinggi jok 740 mm. Sedangkan Scoopy memiliki panjang 1.847, lebar 686 dan tinggi 1.061 mm. Jarak antar poros roda 1.257 mm, ground clearance 143 mm dan tinggi jok 744 mm.


Estetika desain dan penampilan juga berbeda. Meski aspek retro dengan aksen bulat ada di keduanya. Tapi kalau diperhatikan, bodi Scoopy lebih minim sudut. Alhasil, Scoopy lebih terasa kental nuansa retro. Penggunaan lampu, panel meter dan spion bundar juga memperkuat karakter retro pada Scoopy. 


Baik Genio dan Scoopy, sama-sama punya lampu depan LED. Panel meter Genio sudah digital sepenuhnya. Sedangkan Scoopy menggunakan kombinasi speedometer analog dan MID digital. 


"Perbedaan juga terlihat dari kapasitas tangka bahan bakar. Untuk Genio mampu menampung 4,2 liter sedangkan Scoopy 4 liter. Memang kecil perbedaannya, tapi kan lumayan," kata Felix sembari tertawa kecil.


Honda Genio sudah dilengkapi secure key shutter, dan tombol pembuka jok yang praktis. Selain itu, ada juga brake lock, sistem pengereman combi brake, dan side stand switch menjadi fitur standar Honda Genio yang memastikan keamanan pengguna. 


Perbedaan lainnya dari sisi harga. Untuk memiliki Genio, kamu tidak perlu merogoh kantong terlalu dalam.


"Tinggal dari konsumen saja mau pilih yang mana. Yang agak murah bisa pilih Genio. Yang punya isi kantong lebih tebal bisa pilih Scoopy," pungkas Felix. (dan)

Share:

Berita Lainnya