Penulis: Denny Sulaksono

Siapa Wali Kota Samarinda Selanjutnya???

Meski belum nyaring, suara tabuhan Pemilihan Wali Kota Samarinda dan wakilnya mulai terdengar. Para tokoh yang ingin duduk di balai kota, mulai bermunculan.

Yang menarik, Wali Kota Samarinda Andi Harun pun dikabarkan bakal mencalonkan lagi. Namun, tidak melalui jalur partai. Kabarnya, ia memilih jalur independen.

Kenapa?

Mungkin semua sudah tahu. Andi Harun dikabarkan ditinggalkan Gerindra. Partai yang sudah mengantarkannya jadi wali kota Samarinda saat ini.

Ok, Andi Harun memang saat ini belum bergabung di partai. Namun dorongan warga Kota Tepian agar ia mencalonkan lagi, begitu kuat. Komentar netizen di media sosial, tak sedikit yang menyokongnya. Dinilai, wajah Samarinda kini jauh lebih molek sejak ia tangani. Makanya, netizen minta agar Andi Harun tetap maju meski tanpa perahu partai politik.

Dari informasi tetangga, politikus itu sudah membangun komunikasi kemana-mana. Dan ia tidak menggandeng Rusmadi Wongso yang saat ini masih menjadi wakilnya itu. Syaparudin, menjadi pilihannya di Pilwali nanti untuk jadi bakal calon wakilnya. Siapa Syaparudin? Googling saja.

DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Samarinda pun sudah membuka pintu. Menyilakan siapa saja di luar kadernya untuk meminta dukungan.

Setidaknya, sudah ada 6 kandidat yang mengambil formulir penjaringan pendaftaran wali kota dan wakil. 

Ada Andi Fathul Khair, yang merupakan mantan Calon DPD RI. Kemudian disusul Agus Suwandi dari Partai Gerindra. Nidya Sulistyo dari Partai Golkar, Sony Rizaldi (Wakil Ketua DPC PPP Samarinda),Barkati (Partai Demokrat), dan Syaparudin. 

Ke depan, sepertinya bakal marak tokoh- tokoh lain yang deklarasi ikut Pilwali Samarinda pada 27 November 2024 nanti.

Rentang jadwal Pilwali Samarinda tersisa 5 bulan efektif. Kita nantikan saja akrobatik politik yang bakal ditunjukkan.

Ya kalau penulis sih, maunya sederhana. Siapa saja yang bisa tidak membohongi diri sendiri, itu yang akan dipilih.

Share: