Air Terjun Kembar Siapat Surga Penawar Letih Di Kutai Timur

SIAPA yang lagi kangen berlibur di saat seperti ini? Mungkin sudah banyak destinasi yang terbayangkan untuk dijelajahi kala pandemi berakhir.


Nah, buat kamu yang gemar dengan jelajah alam, kayaknya nggak perlu lagi jauh-jauh ke luar pulau. Ada banyak eksotisme alam luar biasa di timur Borneo yang bisa kamu eksplor kok.


Berikut ada satu oleh-oleh berupa catatan perjalanan dari seorang kawan yang baru saja mengunjungi tempat yang disebutnya sebagai surga tersembunyi ini.


Air Terjun Kembar Siapat, begitu nama surga yang dimaksud. Terletak di Desa Batu Lepoq Kecamatan Karangan Kabupaten Kutai Timur, kawasan ini digambarkan memiliki pemandangan magis. Jernihnya air yang mengalir, dengan ornamen alam bebatuan putih pegunungan karst, menjadi keajaiban yang seketika meluluhkan lelah untuk bisa sampai di lokasi ini.


Ya, dibutuhkan stamina luar biasa untuk bisa sampai di tempat ini. Dari pusat Kota Samarinda, sedikitnya membutuhkan waktu 10-14 jam perjalanan menggunakan mobil. Dengan rincian, dari ibu kota Kaltim menuju Sangatta 3-4 jam. Dilanjutkan 6 hingga 8 jam menuju ke Desa Karangan, kemudian dari sini masih harus melewati dua jam lagi untuk sampai di titik awal tracking.


Perjalanan selanjutnya harus ditempuh dengan berjalan kaki. Menerabas hutan hujan tropis nan eksotis dengan medan terjal, butuh waktu sekitar dua jam untuk sampai di Air Terjun Kembar Siapat.


Dinamakan Kembar Siapat, karena air terjun ini memiliki dua aliran air di kawasan Sungai Siapat. Untuk sampai di puncak air terjun, undakan demi undakan pun harus dilalui. Seolah memancing tantangan, ternyata air terjun ini juga memiliki dua tingkatan, dengan panorama yang luar biasa.


Namun seperti disebut di atas, semua lelah ini terbayar lunas saat suguhan alam ini dapat disaksikan langsung. Tertarik untuk menaklukkannya?


Kontributor : V Aditya

Foto : Febry

Editing : Cuk

Share: