• index
  • Pojok Ragam
  • Kenalkan Kuliner Asli Daerah, Penambah Daya Tarik Wisatawan Untuk Berkunjung

Kenalkan Kuliner Asli Daerah, Penambah Daya Tarik Wisatawan Untuk Berkunjung

KULINER mempunyai peran penting dalam industri pariwisata. Sebab sebagian besar pengeluaran wisatawan untuk kuliner. Selain itu, kuliner menjadi daya tarik yang kuat untuk mendatangkan wisatawan.


Di Samarinda sendiri, memiliki berbagai kuliner khas yang lezat. Namun, beberapa belum cukup dikenal orang banyak.


"Saya pernah membuat menu ayam cincane. Ini adalah salah satu kuliner khas Kaltim. Tapi setelah saya tanya ke orang-orang, ternyata belum banyak yang mengetahuinya. Padahal menu ini memiliki sejarah yang luar biasa," tutur Penasehat Badan Pengurus Daerah (BPD) Indonesian Chef Association Kaltim, Yadie Hadisuwarno dalam seminar yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Samarinda, di Hotel Grand Kartika Jalan KH Khalid Nomor 35 Samarinda, Rabu (28/10).


Pada kegiatan bertajuk Pelatihan Tata Kelola Destinasi Pariwisata itu, Yadi, begitu dia kerap disapa, menuturkan, memperkenalkan dan menyuguhkan kuliner khas daerah adalah hal penting. Menurutnya, wisatawan akan lebih senang saat mencicipi makanan yang belum pernah dirasakannya.


"Kita bisaa membuat paket-paket khusus. Tentunya dengan menghadirkan kuliner khas daerah kita. Selain itu, harus ada pula suguhan lain. Seperti tarian khas daerah, atau juga cara live show mengolah makanan khas daerah kita. Itu akan membuat pengunjung tidak merasa bosan saat berkunjung ke tempat kita," tutur pria yang juga menjabat sebagai executive chef di Midtown Hotel Samarinda tersebut.


Dia pun mengajak semua perserta yang berasal dari berbagai perwakilan destinasi wisata di Kota Tepian itu, untuk lebih banyak memperkenalkan kuliner asli daerah, agar budaya yang ada di Samarinda tidak tenggelam dan semakin dikenal banyak orang, baik wisatawan domestik bahkan mancanegara. (dan)

Share: