Mengenal Singkat Asrul Paduppai

Pengacara PPU Yang Menangkan Banyak Gugatan

SEBAGAI pengacara, memberikan hasil maksimal kepada klien adalah hal utama. Dan ini yang dipegang teguh oleh Asrul Paduppai.

Pengacara asal Penajam Paser Utara (PPU), Kaltim ini, Sudah banyak menangani sejumlah perkara. Sederetan kasus ia menangkan. Terkini, ia berhasil memenangkan gugatan kepada PT Greaty Sukses Abadi.

Beberapa waktu lalu, ia memang dipercaya karyawan perusahaan tersebut sebagai kuasa hukum. Karyawan meminta dirinya untuk membela hak mereka kepada perusahaan tersebut untuk membayarkan hak-haknya.

Dengan perjuangan sungguh-sungguh, akhirnya hak karyawan tersebut berhasil dimenangkan di Pengadilan Negeri Samarinda Selasa 23 November lalu.

Melalui gugatan bernomor Perkara 53/Pdt.sus-PHI/2021/PN Smr tersebut, PT Greaty Sukses Abadi mesti menyelesaikan hak karyawan sebesar Rp 2,7 miliar.


PENGADILAN: Suasana salah satu sidang perkara yang ditangani Asrul Paddupai (ist)


"Gugatan ini sudah lama dilayangkan. Persisnya 9 Juni lalu. Dari 62 orang pekerja PT Greaty Sukses Abadi yang menggugat, lima orang di antaranya bahkan sudah meninggal dunia," ujarnya.

Dikatakannya, putusan terkait gugatan pekerja PT Geaty Sukses Abadi ini dibacakan pada Selasa ini oleh hakim ketua Agus Raharjo. "Alhamdulillah, kami menang," lanjutnya.

PT Greaty Sukses Abadi adalah perusahaan kayu pemegang izin usaha IUPHHK di wilayah Kalimantan Timur. Perusahaan ini memegang konsesi di daerah Penajam Paser Utara dan Paser.

Adapun permasalahannya adalah pekerja sudah kurang lebih dua tahun tidak dibayarkan upahnya sehingga pihak pekerja PT Greaty Sukses Abadi melalui kuasa hukumnya menggugat melalui Pengadilan Hubungan Industri (PHI)  agar status hubungan kerja segera diakhiri dan agar pekerja jelas statusnya di-PHK dan mendapatkan hak pesangon.

"Semoga prosesnya nanti berjalan lancar, sesuai yang kita harapkan agar hak-hak mereka dalam hal ini para pekerja dapat mereka nikmati," katanya.

"Jadi putusan hakim mengacu kepada ketentuan UU Nomor 11 Tahun 2021 Tentang Cipta Kerja," papar Asrul kembali.

Untuk diketahui Asrul Paduppai sendiri sudah berkantor dengan nama Kantor Advokat dan Konsultan Hukum Adv Asrul Paduppai And Partners yang beralamat di RT 13, Kelurahan Sotek, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Adapun perkara yang pernah ia tangani antara lain:

1. Mengadvokasi Gugatan Hak Pesangon 23 Pekerja PT.STN-Astra Group (anggota SP Kahutindo) sampai menang di tahap Kasasi MA dengan nilai Gugatan sebesar Rp 960 juta. 

2. Mengadvokasi Gugatan Hak Pesangon 30 Pekerja PT.APMR (anggota SP Kahutindo) sampai menang di Tahap Kasasi MA dengan nilai Gugatan Rp 1,1 miliar.

3. Mengadvokasi Tunggakan gaji 81 Pekerja PT.GSA dalam Upaya Hukum Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) di Pengadilan Niaga Surabaya dengan nilai Gugatan Rp 1,6 miliar. 

3. Mengadvokasi Gugatan Hak Pesangon 62 Pekerja PT.GSA dan menang di PHI PN Samarinda dengan nilai gugatan Rp 2,7 miliar.

4. serta beberapa Perkara nonlitigasi yang berakhir dengan Perdamaian diluar Pengadilan :

- Penyelesaian Hak Pesangon dan Hak Upah Pekerja PT.WKP-Astra Group

- Penyelesaian Hak Pesangon Pekerja PT.MHL

- Penyelesaian Hak Pesangon Pekerja PT.MHB

- Penyelesaian Hak Pesangon pekerja PT.PBP

- Penyelesaian Hak Pesangon pekerja CV.SAPINKON

- Penyelesaian JKM pekerja di beberapa Perusahaan

5. Penanganan perkara Tipikor di Polres Penajam Paser Utara 

6. Penanganan Perkara Pidana sengketa tanah dan beberapa kasus lainnya di Polda Kaltim, Polres Penajam Paser Utara, dan Polsek Kukar. (rc)


Riwayat Karir dan Pendidikan :

1. Sejak tahun 2002 bekerja sebagai karyawan di PT.GSA, aktif bekerja s/d tahun 2019

2. Sejak Tahun 2011 aktif sebagai Pengurus Serikat Pekerja di  tingkat perusahaan

3. Sejak tahun 2015 s/d 2019 mendapatkan amanah sebagai Sekretaris DPC FSP KAHUTINDO Kab. Penajam Paser Utara.

4. Sejak tahun 2019 sampai saat ini mendapatkan amanah sebagai Ketua DPC FSP KAHUTINDO Kab.Penajam Paser Utara.

5. Sejak Tahun 2021 sebagai Sekretaris Umum Partai Keadilan Sejahtera Kab. Penajam Paser Utara.

6. Sejak Tahun 2021 sebagai Anggota Dewan Pengupahan Kabupaten Penajam Paser Utara.


Pendidikan :

1. Pendidikan Profesi Programmer di STMIK Makassar. 

2. Pendidikan Strata 1 Fakultas Hukum di Universitas Balikpapan.

3  Profesi Advokat dan bergabung dalam organisasi Kongres Advokat Indonesia.

Share: