• index
  • Pojok Ragam
  • Peringatan Nuzulul Quran Di Langgar Ar Rahmah, Gelar Lomba Anak Islami

Peringatan Nuzulul Quran Di Langgar Ar Rahmah, Gelar Lomba Anak Islami

POJOKALTIM.CO.ID, SAMARINDA - Ramadan tahun ini menjadi momentum untuk kembali menghidupkan rumah ibadah. Sejalan dengan mulai dilonggarkannya aturan pembatasan kegiatan selama pandemi Covid-19. Masjid-masjid, musala, langgar dan surau kembali dipenuhi oleh jamaah, yang sudah rindu dengan suasana Ramadan.

Keadaan ini menjadi alasan yang mendorong Ikatan Remaja Langgar (Irla) Ar Rahmah, Jalan Danau Jempang, Samarinda, untuk kembali menyemarakkan tempatnya dengan kegiatan bersifat syiar keagamaan. Memaknai malam di mana Alquran pertama kali diturunkan, 17 Ramadan yang bertepatan pada Senin (18/4) nanti, Irla Ar Rahmah, menggelar berbagai jenis lomba untuk anak-anak. Di antaranya lomba mewarnai, azan, hafalan surah serta salat jenazah. Kegiatan ini dijadwalkan berlangsung 18-20 April, mulai pukul 13.00 Wita.

"Selain memperingati Nuzulul Quran, ini juga bertujuan untuk mengajak anak-anak kita untuk lebih menambah wawasannya pada Islam dan semakin mencintai Alquran," terang Ketua Panitia, Muhammad Erwin.

Dikatakannya, kegiatan ini memang diprioritaskan bagi peserta yang berdomisili di seputaran kawasan yang mengambil nama danau sebagai alamatnya. Namun panitia tetap membuka kesempatan bagi warga di luar lingkungan yang ingin mengikuti kegiatan ini. Untuk pendaftaran, bisa datang langsung ke Sekretariat Langgar Ar Rahmah, Jalan Danau Jempang, hingga Jumat (15/4) besok.

"Kami buka kesempatan juga untuk mereka dari luar Danau City. Nanti kami juga akan mengundang beberapa TPA di tempat lain untuk bisa ikut meramaikan. Pendaftaran tanpa dipungut biaya," terang Erwin.

Erwin yang didampingi oleh Ketua Pengurus Langgar Ar Rahmah, Habib Yassir Al Habsyie dan Ketua Yayasan Ar Rahmah Asmuni Alie, mengatakan kegiatan ini juga melibatkan relawan Balakar di wilayah setempat. Selain itu, turut memberikan support penuh dalam melaksanakan kegiatan ini, ada tokoh masyarakat Oemar Mochtar Waluyo Al Arsy, yang saat ini aktif sebagai Ketua DPC Partai NasDem Samarinda Kota. "Jadi memang ini juga sekaligus sebagai ajang silaturahmi antarwarga, tokoh masyarakat serta organisasi kepemudaan yang ada di sini," imbuh Erwin.

Lomba-lomba ini nantinya akan dibagi dalam kelompok usia. Untuk lomba mewarnai, pesertanya berusia 4-6 tahun. Lomba azan, salat jenazah dan menghafal surah disiapkan bagi peserta berusia 6-12 tahun. Nantinya, dalam proses penilaian akan melibatkan salah satu juri berpengalaman, yang merupakan lulusan dari Pondok Pesantren Nurul Habib, Bangli, Jawa Timur.

"Harapan kami melalui kegiatan ini, semakin memotivasi anak-anak kita untuk mendalami dan mencintai agamanya. Sebagai generasi penerus, kami ingin mencetak anak Islami yang berprestasi dan berakhlaqul qarimah," tutup Erwin.

Untuk para pemenang nantinya akan diberikan uang pembinaan oleh panitia pelaksana. Untuk juara 1 hadiah berupa uang tunai senilai Rp 1 juta, kemudian Rp 750 ribu bagi juara kedua. Lalu, masing-masing Rp 500 ribu bagi peraih tempat ketiga dan juara favorit. Khusus juara favorit, pemenang akan ditentukan berdasarkan penilaian dari audiens yang hadir. (cuk)

Share: