Tips Safety Check Motor Honda Saat Musim Hujan Di AHASS

POJOKALTIM, SAMARINDA - Sangat penting memperhatikan keselamatan selama berkendara. Terlebih saat musim hujan, kondisi jalannya licin. Namun melakukan safety check pada kendaraan sepeda motor saat akan berkendara dimusim hujan juga tak kalah penting. Berikut tips Safety Check yang wajib dilakukan :

1. Periksa Kondisi Ban

Jalanan yang sedang atau telah diguyur hujan akan menjadi basah dan licin. Untuk itu penting sekali mengecek konidisi ban luar apakah masih bagus, atau sudah mulai gundul.


2. Lampu Sepeda Motor

Lampu juga menjadi bagian vital yang harus diperhatikan saat masuk musim hujan. Pastikan semua lampu bekerja optimal, karena turunnya air mampu membiaskan cahaya sehingga sorot lampu memudar.


3. Busi

Busi adalah bagian yang paling dikhawatirkan saat musim hujan tiba. Kalau sampai terendam air dan terlalu basah, mesin motor akan sulit atau bahkan tidak bisa dinyalakan. Untuk itu rajin-rajinlah memeriksa kondisi penutup busi, agar berkendara tetap aman dan lancar.


4. Saringan Udara

Jika komponen motor yang satu ini basah, maka pembakaran di ruang bakar mesin akan terganggu sehingga performa motor akan terasa berat serta kurang bertenaga. Oleh sebab itu, pastikan komponen saringan udara tidak tersumbat.


Saat musim hujan pun, perlu waspada banjir ya! Pastikan melakukan pengecekan item pada motor Honda kesayangan setelah melewati banjir  sebagai berikut :

1. Busi

Pastikan komponen ini dibersihkan dan dikeringkan agar bisa digunakan untuk memantikkan api.


2. CVT

Pastikan komponen dibalik bak CVT tidak kemasukan Air, dan disarankan menggunakan Honda Parts Cleaner dengan Paket CVT Prima.


3. Oli Mesin

Pastikan Oli Mesin tidak bercampur dengan air, lebih baik segera diganti.


4. Filter Udara

Pastikan didalam kotak saringan udara tidak terdapat air, lebih baik dilepas dan disarankan untuk diganti.


5. Kampas Rem

Saat terendam banjir potensi rem belakang terkunci, hal ini disebabkan permukaan kampas rem yang basah atau lembab, segera lakukan pembersihan.


6. Rantai

Rantai adalah komponen yang rawan karat, lakukan pelumasan kembali untuk komponen ini setelah dilakukan pembersihan

Pastikan melakukan Safety Check di bengkel resmi Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) dan dapatkan Promo SAFE & GO, Safety Check & Ganti Oli Mesin di AHASS Hanya Rp 60ribu. (dan)

Share: