Tumbuhkan Minat Baca, Cetak Generasi Cerdas

Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kaltim Helat Lomba Bertutur Dan Referensi Buku

POJOKALTIM.CO.ID, SAMARINDA - Guna melahirkan sumber daya manusia yang mampu berkonsentrasi pembangunan bangsa, tentunya harus manusia yang cerdas. Nah, agar tercapai generasi yang cerdas, landasan utamanya adalah dengan membaca.

Itulah tujuan utama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kaltim menghelat Lomba Bertutur dan Resensi Buku, Selasa (8/11). Lomba bertajuk Bukuku Inspirasiku ini diperuntukkan siswa-siswi SD, MI, hingga SMA, SMK, dan MA se-Kaltim.


Kepala DPK Kaltim M Syafranuddin melalui Kepala Bidang Pengembangan dan Pembudayaan Kegemaran membaca DPK Kaltim, M Taufik mengatakan, lewat lomba ini, diharapkan dapat menumbuhkan minat baca pada generasi penerus bangsa di mulai dari para pelajar.

Dia mengatakan, peserta yang ikut untuk lomba bertutur yakni utusan dari tingkatan SD dan MI kelas murid kelas 4 dan 5 dari kabupaten dan kota di Kaltim. Sedangkan untuk lomba resensi buku diikuti mulai dari siswa SMK, SMA dan MA.

"Selain itu, kegiatan ini bertujuan menumbuhkembangkan budaya gemar membaca anak-anak melalui berbagai bacaan dan media untuk menanamkan cinta kebudayaan nasional dan lokal," sambungnya.

Menurutnya, kegiatan seperti ini dapat membangun karakter, kecerdasan inovasi serta daya kompetitif bangsa juga mengangkat serta memopulerkan buku-buku cerita budaya lokal dan menumbuhkembangkan kecintaan anak-anak terhadap karya budaya lokal. (aka)

Share: