• index
  • Pojok Utama
  • Nasionalisme Tak Boleh Kalah Oleh Pandemi. Kebanggaan Kita Sebagai Bangsa Harus Terus Dijaga.

Nasionalisme Tak Boleh Kalah Oleh Pandemi. Kebanggaan Kita Sebagai Bangsa Harus Terus Dijaga.

Peringatan 75 Tahun Indonesia Di Simpang Lembuswana Samarinda

SEMANGAT inilah yang tersirat dalam peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75, Senin (17/8). Meski berada dalam kondisi dimana kita diimbau untuk meniadakan kerumunan, pemerintah melalui instruksi Presiden meminta masyarakat untuk menghentikan sejenak segala kegiatannya tepat di pukul 11.17 Wita, berdiri tegak dengan sikap sempurna sambil mengikuti lantunan lagu kebangsaan Indonesia Raya.


Di Samarinda, instruksi ini dilaksanakan serempak di tiga titik. Pertama di depan Kantor Gubernur, Simpang Jalan Kesuma Bangsa dan Simpangan Lembuswana. Dua menit sebelum waktu yang ditentukan, semua kendaraan atau warga yang melintas di kawasan itu, diminta untuk menghentikan segala kegiatannya. Para pengemudi diimbau turun dari kendaraannya, untuk kemudian mengambil sikap sempurna memperingati detik-detik Proklamasi.


Di simpang Lembuswana, kesibukkan mulai terlihat satu jam sebelum kegiatan dimulai. Sejumlah petugas kepolisian mulai mengumumkan bahwa di titik ini nanti akan digelar upacara singkat peringatan HUT RI ke-75. 




Kemeriahan semakin terlihat dengan kehadiran sejumlah relawan, baik dari Balakarcana, LSM hingga komunitas ojek online. Tiba di waktu yang ditentukan, suara sirine bersahut-sahutan dan semua kendaraan diminta berhenti.


Suasana sontak berubah khidmat, saat lagu Indonesia Raya berkumandang. Tak ada prosesi pengerekan bendera, namun seorang polwan terlihat berdiri di atas mobil polisi yang diletakkan di tengah jalan sambil memegang bendera. Diiringi aba-aba, semua yang ada di situ serentak berdiri tegak dan mengambil sikap hormat.


Sikap patuh masyarakat ini mendapat apresiasi positif dari Kabag Ops Polresta Samarinda Kompol Erick Budi Santoso. "Terima kasih, antusiasme masyarakat yang begitu luar biasa terlihat hari ini. Semoga ini bisa menjadi pemicu semangat kita semua untuk menuju bangsa yang besar," tegasnya.


Meski dilakukan di tengah jalan, namun imbauan untuk tetap menjaga jarak dan menggunakan masker tetap dilakukan.


"Ya meski saat ini kita ada di tengah pandemi, tetap jaga nasionalisme. Semoga kita bisa segera melewati ini semua dan percaya bahwa kita mampu menjadi bangsa yang besar," pesan Erick memungkasi. (cuk)

Share:

Berita Lainnya