Sumber foto: KPU Samarinda

Siap Tambah Anggaran Kesehatan Meski Defisit

Debat Antar Calon Wali Kota Samarinda

KESEHATAN menjadi bahasan utama dalam debat antar calon wali kota Samarinda, Minggu (18/10) di Hotel Mercure Samarinda. Semua calon berkomitmen akan siapkan anggaran minimal 10% dari APBD di luar biaya operasional gaji untuk penanganan kesehatan tersebut.

"Meski anggaran tahun depan defisit, kami tetap akan siapkan bujet kesehatan tersebut. Apalagi hal ini sudah diatur undang undang," jelas Barkati menjawab pertanyaan dari tim KPU Samarinda yang disampaikan moderator.

Dikatakan calon urut nomor satu tersebut, dirinya bekerja berdasar aturan. Sehingga konsekuensi apapun,tetap akan ia jalankan.

Andi Harun juga akan melakukan hal sama. Dikatakannya, alokasi anggaran 2021 untuk kesehatan pasti ditambah untuk penanganan covid 19. Bahkan, dirinya jika memungkinkan bakal tambahkan di anggaran perubahan.

Zairin Zein juga sepakat. Terlebih ini memang amanat UU. Pasangan no urut 3 ini bahkan akan memaksimalkan anggaran untuk sebaik baiknya. Bahkan alokasi minimal 10 persen, kalau perlu ditambahkan.

Sebelumnya, masing masing calon memaparkan singkat visi misi jika terpilih. Dalam durasi 120 detik, mereka mesti menguraikan program kerja utama.

Kesempatan pertama disampaikan Zairin. Dirinya akan fokus dalam hal penanganan banjir, parkir, hingga bekas tambang.

Pasangan berasal dari independen ini juga menggarisbawahi mengenai tema bangkit yang diusung. Yakni bangkit dalam hal ekonomi, infrastruktur, dan SDM.

Kaltim yang disiapkan jadi ibukota negara menjadi alasan tim Andi Harun menjadikan Samarinda sebagai pusat peradaban. Perihal ekonomi, peningkatan infrastruktur juga menjadi bahasan.

Sementara Barkati menginginkan Samarinda ini menjadi kebanggaan dan terdepan. Yakni dengan memajukan pariwisata, pengembangan UMKM, pembuatan taman, penataan parkir hingga penyediaan kampung layak huni. Peningkatan kualitas pelayanan PDAM juga menjadi sorotannya. Pihaknya berjanji akan revitalisasi manajemen perusahaan daerah tersebut. (aka)





Share: