Amel Minta Hindari Disharmoni

Jumpa Warga Sangata Utara, Tingkatkan Wawasan Kebangsaan.

POJOKALTIM, SANGATTA - Anggota DPRD Kaltim, Siti Rizky Amalia kembali menjumpai warga Sangata, Kutai Timur. Kehadirannya untuk menyampaikan sosialisasi wawasan kebangsaan (Soswasbang) di Sangatta Utara, Rabu 20 Desember 2023. 

Dalam uraiannya, Amel sapaan akrab Siti Rizky Amalia mengingatkan pentingnya masyarakat untuk terus mengajak keluarga dan anak-anaknya untuk terus mencintai bangsanya. Kehidupan yang tenteram dan harmoni seperti dirasakan sekarang ini harus terus dijaga. Suasana lingkungan warga yang harmonis harus terus ditingkatkan. 

"Kalau kita tengok kondisi bangsa lain, hampir tiap hari ada saja peperangan. Begitu banyak warga mengungsi bahkan meninggalkan negaranya karena konflik yang tidak selasai-selsai. Beruntung kita tinggal di Indonesia. Kita rasakan kedamaian," terangnya. 

Amel berharap, kehidupan harmonis antar warga yang sudah terjaga agar tidak dinodai hal-hal sepele, seperti hanya karena salah paham akibat berbeda karakter bahasa, suku dan budaya. Hindari sikap-sikap yang akan memicu disharmonisasi diantara kita agar tidak meluas menjadi konflik berkepanjangan. 

"Kita sudah punya pengalaman konflik larena masalah budaya, suku, agama. Tidak mudah melakukan recovery atau perbaikan. Jadi harus kita sama-sama menjaga keutuhan bangsa ini dengan saling menghargai satu sama lain. Perkuat silaturrahmi diantara warga itu lebih penting," harap politisi perempuan PPP ini. 

Selain Amel, juga hadir narasumber dari praktisi sosial dan hukum, Fifi Wulandari. Ia banyak menjelaskan petingnya peran-peran sosial masyarakat diarahkan kehal-hal produktif. Sehingga masyarakat Sangatta memiliki kemandirian dan kekuatan dalam membentuk karakter masyarakat yang saling bahu-membahu. Saling menjaga dari upaya pecah belah pihak tak bertanggung jawab, sehingga merapuhkan solidaritas sebagai sesama anak bangsa. (nk/densul)

Share: