APJII SOWAN KE DISKOMINFO KALTIM

POJOKALTIM, SAMARINDA - Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Provinsi Kalimantan Timur menerima kunjungan Asosiasi Penyelenggaraan Jasa Internet Indonesia (APJII) Wilayah Kaltim, dengan maksud silahturahmi dan menjalin kerjasama sekaligus memperkenalkan lembaga APJII ke instansi pemerintah. 

Bertempat diruang Kerja Kepala Dinas Kominfo Prov. Kaltim Muhammad Faisal di dampingi Kepala Seksi Infrastruktur Teknologi Informasi Komunikasi Eva Yusefa menjamu teman-teman dari APJII yang membahas tentang pembinaan pemasangan jaringan internet yang APJII kelola, Senin (21/3).

M Faisal mengatakan kewenangan Kominfo Kaltim tentang telekomunikasi sejak 2018 telah ditarik ke Kementrian Kominfo, dimana kebijakan dipegang penuh oleh pusat dengan nama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) . 

"Di tahun ini saya beranikan diri untuk membantu beberapa desa yang akses internetnya masih rendah dengan cara akan menyambungkan jaringan fiber optik dari desa terdekat, ini merupakan strategi perhatian terhadap desa akan akses internet" ujar Kepala Dinas Kominfo Kaltim.

Dari pihak APJII sendiri akan bekerja sama dengan pemerintah akan mengumpulkan data dan melakukan mapping terkait wilayah mana saja yang belum tercover akses internet. 

Data yang sudah terkumpul nantinya akan digunakan untuk membangun internet desa dan bertepatan pada tahun 2023 Kementerian Kominfo akan ada peluncuran Satelit Indonesia Raya (SATRIA), tidak lagi menggunakan peminjaman satelit lain. (adv).

Share: