• index
  • Pojok Utama
  • Hadiri HUT 23 Kubar, Veridiana AJak Pemuda Bangkit Hadapi IKN
Anggota DPRD Kaltim Veridiana Huraq Wang bersama M Udin dan lainnya saat Hadiri acara Peringatan HUT ke 23 Kabupaten Kutai Barat, di Taman Budaya Sendawar.

Hadiri HUT 23 Kubar, Veridiana AJak Pemuda Bangkit Hadapi IKN

POJOKALTIM, SAMARINDA - Anggota DPRD Kaltim Veridiana Huraq Wang menghadiri acara peringatan Hari Ulang Tahun ke 23 Kabupaten Kutai Barat, di Taman Budaya Sendawar, Sabtu (5/11). Ia mengaku mengapresiasi kegiatan tersebut karena selain meriah juga menggali dan melestariskan potensi adat dan budaya lokal.

Berbeda dengan tahun sebelumnya yang dirayakan sederhana, peringatan HUT yang mengusung tema "Dengan Semangat Hari Jadi Kabupaten Kutai Barat Ke-23 Tahun, Kita Bangkit Dan Kuat Bersama Untuk Menyongsong IKN Berlandaskan Nilai Adat Budaya Untuk Kemandirian Menuju Hari Esok Yang Lebih Baik" itu berlangsung sangat meriah.

Rangkaian kegiatan peringatan HUT 23 Kubar mulai dari upacara adat Dayak Pesengket Nayuq Kuas Utas, pameran pembangunan, pasar malam kemudian ada beberapa kegiatan olahraga tradisional, kegiatan seni dan budaya, festival busana, lomba tari, lagu daerah, bemamai dan lain sebagainya yang berlangsung sejak 22 Oktober hingga 5 November.

Veridiana yang juga merupakan tokoh masyarakat Kubar itu mengomentari tema peringatan HUT yang dinilainya harus dimaknai bersama tidak hanya pemerintah daerah saja tetapi khususnya para pemuda di Kubar.

"Warga Kubar juga harus bangkit dengan adanya IKN harus memberikan kontribusi terhadap pembangunan dalam arti luas jangan sampai tertinggal dan hanya menjadi penonton saja," harapnya.

Potensi seni dan budaya masyarakat yang beragam dan berciri khas merupakan modal besar Kubar dalam meningkatkan kepariwisataan dan ekonomi kreatif melalui Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

"Festival busana yang memadupadankan corak dan etnik lokal dengan gaya moderen juga merupakan hasil karya kreatifitas masyarakat. Ini kalau dikembangkan dan diberikan wadahnya bisa menjadi potensi ekonomi," tuturnya.

Tak hanya itu, diberikan banyak karunia alam seperti air terjun, karst, dan lainnya tidak semua daerah memilikinya sehingga kalau dimaksimalkan dan dipromosikan kepada luar negeri bisa menjadikan Kubar menjadi salah satu destinasi wisata diunggulkan. (adv)

Share: