Hari Pahlawan Momen Hargai Jasa Pejuang

POJOKALTIM, SAMARINDA - Komisi IV DPRD Kalimantan Timur Akhmed Reza Fachlevi mengajak generasi muda untuk memaknai Hari Pahlawan yang diperingati setiap tanggal 10 November sebagai momen untuk menghargai jasa-jasa para pejuang kemerdekaan.

"Kita harus ingat bahwa pahlawan-pahlawan kita telah berkorban dengan jiwa raga mereka untuk membebaskan kita dari penjajahan dan menegakkan kedaulatan negara kita. Mereka adalah contoh bagi kita semua dalam hal keberanian, ketabahan, dan pengorbanan," kata Reza di Samarinda, Jumat.

Reza yang juga legislator daerah pemilihan Kutai Kartanegara mengemukakan bahwa generasi muda harus mengambil inspirasi dari semangat kepahlawanan para pahlawan dan menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. 

Dia berharap generasi muda dapat berkontribusi secara positif bagi pembangunan bangsa dan negara.Generasi muda adalah harapan masa depan.

Ia meminta para generasi muda harus belajar dari pahlawan-pahlawan yang berjuang untuk kemerdekaan RI dan berusaha untuk menjadi pahlawan bagi diri sendiri, keluarga, masyarakat, dan negara. 

"Kita harus berani menghadapi tantangan dan berani berubah untuk menjadi lebih baik," ucap Reza.

Dia juga mengimbau masyarakat untuk merayakan Hari Pahlawan dengan cara yang bermakna dan senantiasa memberikan kebermanfaatan bagi orang sekitar.

"Kita bisa merayakan Hari Pahlawan dengan berbagai cara, misalnya dengan mengibarkan bendera merah putih, mengheningkan cipta, membaca puisi, menyanyikan lagu-lagu perjuangan, atau melakukan kegiatan sosial. Yang penting tetap menjaga kesehatan diri dan lingkungan," tuturnya. 

Reza menekankan bahwa peringatan hari pahlawan merupakan momentum untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di daerah ini.

"Kita harus meneladani semangat itu dengan meningkatkan kualitas SDM kita, terutama di bidang pendidikan, kesehatan, dan tenaga kerja," ujar Reza.

 Ia menyebutkan, Komisi IV DPRD Kaltim yang membidangi kesejahteraan rakyat akan terus berkoordinasi dengan pemerintah provinsi dan kabupaten/kota untuk mengawal dan mengawasi program-program yang berkaitan dengan peningkatan kualitas SDM.

Hal itu katanya mengingatkan pentingnya peran serta masyarakat dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, yang merupakan warisan dari para pahlawan. 

 "Kita harus bersyukur bahwa kita hidup di negara yang beragam dan kaya akan budaya," imbuhnya.

 Reza menyerukan kepada pemuda harus menjaga kerukunan dan keharmonisan antar sesama, serta mengedepankan semangat gotong royong dan kekeluargaan. 

 "Kita harus menjadikan perbedaan sebagai kekuatan, bukan sebagai kelemahan. Kita harus bersatu demi kemajuan dan kesejahteraan bangsa," tutup Reza. (adv/DPRD Kaltim)

Share: