• index
  • Pojok Utama
  • IKN Hadir, Ely Hartati : Potensi Perkebunan Dan Pertanian Potensial Digarap
Anggota Komisi II DPRD Kaltim Ely Hartati Rasyid

IKN Hadir, Ely Hartati : Potensi Perkebunan Dan Pertanian Potensial Digarap

POJOKALTIM.CO.ID, SAMARINDA - Anggota Komisi II DPRD Kaltim Ely Hartati Rasyid mengatakan, perkebunan dan pertanian Kaltim menjadi sektor yang potensial digarap dalam rangka menyambut Ibukota Nusantara (IKN).

"Kita harus sudah bersiap untuk IKN, kita persiapkan mental dan sumber daya yang kita miliki. Di bidang pertanian dan perkebunan ini harus ditingkatkan dan diperluas, karena sampai hari ini kita masih sebagai pemasok sayur mayur untuk Kota Balikpapan dan beberapa daerah lain, nah apalagi kalau ada IKN, pasti kita dapat dampak untungnya," ujarnya.

Untuk itu, kata dia, harus ada dorongan yang kuat dari emerintah provinsi dan kabupaten/kota untuk meningkatkan sektor perkebunan dan pertanian di Kaltim. "Kita sekarang banyak lahna tidur, nah ini harus diaktifkan kembali juga dipenuhi alat, sarana prasarana pendukung pertanian dan perkebunan ini, seperti dari pupuknya dan sebagainya," katanya.

Dikatakan Ely, saat ini banyak dari generasi muda yang enggan bertani, sehingga Kaltim memiliki sedikit kaderisasi SDM di bidang ini. Padahal menurutnya, pemikiran masyarakat harus diubah. Karena banyak dari petani muda yang berhasil dan sukses mengembangkan budidaya, baik di perkebunan maupun pertanian. 

"Sekarang susah anak muda yang mau jadi petani, makanya sedikit kaderisasi. Malah banyak juga yang orangtuanya petani tidak mau memiliki anak petani juga. Pemikiran ini harus diubah,” ujarnya. “Anak muda sekarang harusnya berpikir rasional dan objektif. Kalau hanya kemasa yang dicari, maka akan rugi. Yang harus ditingkatkan itu adalah isi dan mental, tentunya juga harus berpikir positif," sambungnya.

Dia mengingatkan, bahwa jangan hanya mengandalkan sektor pertambangan. Karena sektor ini akan habis. "Pertambangan akan habis, kita harus berpikir, jangan mengandalkan sektor alam. Tapi sumber daya manusia harus kita tingkatkan," pesannya. (adv/tw)

Share: