• index
  • Pojok Utama
  • Kaltim Raih Juara Umum Pemilihan Putra-Putri Budaya Indonesia
PRESTASI: Duta Budaya Kaltim meraih juara umum pada pemilihan Putra Putri Budaya Indonesia yakni Abizar Yogyananda dan Annisa Oktadianti

Kaltim Raih Juara Umum Pemilihan Putra-Putri Budaya Indonesia

POJOKALTIM.CO.ID, YOGYAKARTA - Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) meraih juara umum pada ajang Pemilihan Putra Putri Budaya Indonesia berkat keberhasilan Abizar Yogyananda sebagai Grand Winner Putra Budaya Indonesia dan Annisa Oktadianti sebagai Runner Up III sebagai Putri Budaya Favorit.

Duta Budaya Kaltim meraih juara umum pada pemilihan Putra Putri Budaya Indonesia yang digelar Kemendikbudristek di Hotel Grand Serela, Yogyakarta, 2-7 November 2022.

Abizar Yogyananda sebagai Grand Winner Putra Budaya Indonesia dan Annisa Oktadianti sebagai Runner Up III dan Putri Budaya Favorit, meraih akumulasi nilai tertinggi dari penilaian attitude saat karantina dengan porsi penilaian 10 persen, wawancara 60 persen, dan penyajian budaya 30 persen. 

"Alhamdulillah kami berhasil mengharumkan nama Kaltim di tingkat nasional. Itu juga mempunyai arti bahwa kebudayaan Kaltim memang memiliki potensi dan kekayaan yang luar biasa,' ucap Annisa Oktadianti yang berasal dari Kabupaten Berau. Asal daerah yang sama dengan Abizar Yogyananda yang juga dari Kabupaten Berau.

 Dengan bekal pengetahuan tentang kekayaan kebudayaan itulah yang membantunya menjawab dengan baik pertanyaan dan tampilan bakat seni di hadapan para dewan juri. 

Keberhasilan Putra dan putri budaya Kaltim dalam meraih gelar bergengsi tingkat nasional ini disyukuri budayawan, Zainal Dharma Abidin. Ia terlibat dalam pengayaan pengetahuan kebudayaan Kaltim sebelum mengikuti even itu.

"Saya senang dan bangga dengan keberhasilan Abizar dan Annisa. Ketika saya bersama  pak Hamdani, bu Mey Christy, pak Budi, dan bu Fia di Pemilihan Duta Budaya Kaltim tahun 2021 lalu menjadi juri, mereka yang terbaik dalam segala kriteria penilaian Dewan juri. Selamat," puji salah satu dewan juri tahun 2021, Yudi Valent.

Selasa (8/11) esok, Abizar dan Annisa didampingi Kadisdikbud Kaltim dijadwalkan akan menghadap Gubernur Kaltim untuk melaporkan keberhasilan tersebut. (adv/KRV/pt/kominfokaltim/tw)

Share: