Diminati Tamu Dari KTT ASEAN

Produk UMKM Dekranasda Samarinda Primadona Di Sarinah

Panggung yang diberikan PT Sarinah kepada Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Samarinda disambut luar biasa oleh pegunjung. Di area display Sarinah Departemen Store Jakarta Pusat, ditampilkan produk UMKM binaan Dekranasda kota Samarinda. 

=POJOKALTIM, JAKARTA

Produk yang ditampilkan menjadi Primadona pengunjung, bahkan diminati para petinggi negara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN saat berkunjung ke Sarinah Mall Indonesia.

"Alhamdulillah suatu kebanggaan bagi kita Samarinda, bahwa produk UMKM kita diberikan panggung oleh Sarinah. Tentunya banyak sisi positifnya yang bisa kita dapatkan. Selain memperluas dari pasar UMKM yang kita tampilkan, juga upaya meningkatkan kelas UMKM karena produk dia bisa tampil di Sarinah," ucap Ketua Dekranasda kota Samarinda Rinda Wahyuni Andi Harun, Selasa (12/9/2023).


Rinda menyebutkan, untuk tampil di area display Sarinah, terlebih dahulu dikurasi oleh tim kurator Sarinah. Adapun produk yang ditampilkan manik rotan Matan dan Lam Damaris, ukir kayu, batik dari Hunge Indonesia, Omahkoe Batik, Putri Safri Kinanti Couture serta Sarung Tenun Samarinda dari Sarungsamarinda Fitri.

"Selain tamu lokal, produk kita juga diminati petinggi-petinggi dari negara KTT ASEAN. Seperti Perdana Menteri Papua Nugini yang datang bersama Ibu Luhut. Ada juga dari Korea, India, Afrika dan juga dari Inggris. Awalnya hanya display, tapi diminati mereka untuk dibeli," ungkap istri wali kota Samarinda Dr Andi Harun ini.

Rinda menyebutkan produk yang paling diminati adalah produk kerajinan manik. "Manik paling banyak diminati, tapi yang lain juga tetap tidak kalah juga. Karena memang produk yang ditampilkan produk unggulan UMKM binaan kami dan telah dikurasi oleh tim Sarinah," terang Rinda didampingi kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian Samarinda Nurrahmani.

Oleh karena itu Rinda menyampaikan terima kasih kepada PT Sarinah yang telah memberikan kesempatan bagi UMKM binaan Dekranasda bersama Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian kota Samarinda ditampilkan secara khusus di area display Sarinah mulai 6 hingga 27 September.

"Terima kasih juga di tanggal display ini bersamaan dengan pelaksanaan KTT ASEAN di Jakarta, dan para tamu juga banyak mengunjungi display kami. Secara tak langsung produk UMKM kita diperkenalkan di kancah internasional," tutur Rinda.(dho/densul)

Share: