Foto: internet

Daihatsu Rocky, Lahirnya Sang Legendaris Baru

POJOKALTIM - Mendengar namanya, bayangan kita pasti langsung terlempar ke era 80 hingga 90-an. Sebuah jip berkarakter kokoh, tegap, dan tangguh, langsung terimajinasi di benak.

Yup, Astra Daihatsu Motor (ADM) merilis Rocky pada permulaan tahun ini. Roda 4 jenis SUV mungil ini, termasuk satu dari lima produk kolaborasi ADM dengan PT Toyota Astra Motor (TAM).

Rocky berkapasitas 5 penumpang dengan desain sangat stylish dan modern. Bertenaga, berteknologi tinggi,dengan harga terjangkau. Bisa disebut, varian ini menyandang status legendaris yang populer di era 80 - 90an yang bertubuh mengotak.

Bentuknya khas. Merupakan opsi jip dengan wheelbase medium dan sistem penggerak 4x4. Bentuknya pun khas. Atap pada bagian belakang meninggi. Ini salah satu model penutup generasi Taft di awal 2000-an.

Pada 2019, nama Rocky mencuat ke permukaan sebagai bagian produk Daihatsu di Jepang. Ia terlahir kembali menjadi crossover kompak perkotaan. Tampilan dengan guratan garis tubuh modern di atas postur tegap.

Rocky, produk Daihatsu pertama di Indonesia yang mengusung teknologi DNGA (Daihatsu New Global Architecture). Ini platform terbaru yang dikembangkan dengan konsep: kualitas tinggi dengan harga terjangkau, teknologi terkini, serta memperhatikan hingga ke detail terkecil seperti ukuran, berat, harga, dan waktu, untuk menghasilkan kendaraan yang lebih efisien.

Berbicara soal desain, tampaknya tak jauh berbeda dengan versi Rocky di Jepang. Wajah Rocky sarat garis tegas, yang dikemas guna menunjukan jati dirinya sebagai sebuah SUV, namun berdimensi ringkas dan padat.

Daihatsu Rocky sudah menggunakan komponen lokal lebih dari 60 persen. Dirinya berhak menerima insentif PPnBM 0 persen dari pemerintah, yang berguna untuk meningkatkan perekonomian dari sektor industri otomotif. SUV mungil dengan gaya atraktif ini hanya memiliki satu pilihan mesin dan ditawarkan dalam 5 varian.



Biaya BBM Selama Kepemilikan Daihatsu Rocky

Menurut pengujian Daihatsu di Jepang secara WLTC (Worldwide harmonized light vehicle test cycle), konsumsi Rocky dengan mesin turbo ini berkisar 18,6 km/liter. Sedangkan saat diuji menggunakan metode JC08 (menggunakan dynamometer), Daihatsu Rocky mencatatakan efisiensi bahan bakar 23,4 km/liter.

Mesin & Konsumsi BBM Rocky

Daihatsu Rocky menggunakan mesin turbo 1,0 liter 3-silinder berkode 1KR-VET. Meski kapasitasnya kecil, namun output yang dihasilkan tak kalah dari mobil lain bermesin 1,5 liter tanpa bantuan induksi turbo. Tenaganya 98 PS pada 6.000 rpm dan torsi puncaknya 140 Nm di rentang 2.400 rpm - 4.000 rpm.

Transmisi yang disediakan manual 5-percepatan dan otomatis CVT (Continuous Variable Transmission). Transmisi otomatis jenis CVT punya banyak manfaat. Transmisi ini menawarkan kenyamanan berkendara karena tanpa hentakan di setiap perpindahan gigi dan efisiensi bahan bakar. (aka)


(*) diolah dari berbagai sumber

Share: