Ziarah Ke Makam Muassis Nu

Pembukaan Perayaan Hari Santri 2023 Di PWNU Kaltim

Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Kalimantan Timur mengawali rangkaian peringatan Hari Santri Nasional 2023 dengan menggelar ziarah ke makam para muassis atau tokoh NU di daerah ini.

=POJOKALTIM, Samarinda


Pukul 07.00, Selasa, 17 Oktober 2023, kegiatan ziarah dimulai di kompleks pemakaman tokoh dan ulama di Masjid Raya Darussalam, Kelurahan Pasar Pagi, Kota Samarinda.

Di antara para tokoh yang diziarahi di kompleks ini termasuk almarhum KH. Abdullah Marisie dan KH. Djafar Sabran.

Setelahnya, rombongan melanjutkan ziarah di pemakaman umum di Jl. Abul Hasan. Di antara tokoh ulama yang diziarahi termasuk almarhum KH. Sabranity, H. Aini Bakri, KH. Djuhaifah Thalib, dan lainnya.

Rombongan PWNU Kaltim kemudian melangkah menuju Islamic Center. Di tempat ini terletak makam KH. Fakhruddin A Wahab, Rais Syuriyah PWNU Kaltim periode 2019-2023.

Setelah mengunjungi pemakaman Islamic Center, rombongan melanjutkan ke makam mantan Bendahara PWNU Kaltim, H. Achmad Bahtar, yang juga merupakan orangtua dari Ketua PWNU Kaltim, Fauzi A. Bahtar.



Ketua Panitia Hari Santri Nasional (HSN) 2023 PWNU Kaltim, H.Sularno, menyatakan bahwa kegiatan ziarah ke makam para muassis telah menjadi agenda rutin dalam peringatan hari santri sejak tahun lalu. "Setiap tahun, ziarah ke makam para muassis merupakan agenda rutin PWNU Kaltim untuk memperingati hari santri. Acara ini bertujuan untuk mengenang kembali para muassis dan tokoh NU Kaltim yang telah berperan besar dalam memajukan organisasi," ujarnya.

Beberapa makam tokoh NU lainnya yang diziarahi meliputi almarhum KH. Mujtaba Ismail dan KH Saad Idjan Saleh di kawasan Jl. Suryanata. Acara ziarah diakhiri dengan mengunjungi makam mantan Ketua PWNU dua periode, H. Masroen Rusli, di Pemakaman Nurussalam Memorial Park Samarinda, Tanah Merah.

Turut hadir dalam acara ziarah PWNU Kaltim, di antaranya, Ketua PWNU Kaltim, HM. Fauzi A Bahtar, Ketua PCNU Samarinda, HM. Asyari Hasan, Sekretaris PWNU Kaltim, Abubakar Madani, Wakil Ketua sekaligus Ketua Panitia HSN 2023 PWNU Kaltim, H. Sularno, H. Suparman, Mustasyar PWNU, dan tokoh sepuh, HM. Ali Gays serta H. Chairul Anwar. Wakil Sekretaris PWNU Kaltim, Herman A Hasan, H. Sulanto, dan Saparun Bakar. Bendahara PWNU Kaltim H. Widyasmoro, Wakil Bendahara Apri Gunawan, Fauzan Fahlevi. Ketua LPNU, Indra Semi Kadiyono, dan Dimas K. Risky. Ketua Lembaga Penanggulangan Bencana dan Iklim (LPBI), Ellyansyah Kasthan.  Juga turut serta sejumlah kader NU lainnya dalam rangkaian kegiatan HSN 2023 PWNU Kaltim. (nk/densul)

Share: