• index
  • Pojok Utama
  • Bawaslu RI Rekomendasikan Pembatalan Edi Damansyah Sebagai Cabup Kukar
Foto: Dokumentasi presisi.co

Bawaslu RI Rekomendasikan Pembatalan Edi Damansyah Sebagai Cabup Kukar

POJOKALTIM - Kabar mengejutkan datang dari Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Jelang waktu pilkada yang kian dekat, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, merekomendasikan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk membatalkan calon Bupati Kukar Edi Damansyah sebagai peserta Pilkada 2020.


Rekomendasi yang dibuat Rabu (11/11) lalu dibuat berdasar kajian atas laporan yang disertai pemeriksaan dan penelitian yang masuk ke Bawaslu.


"Iya, ada pelanggaran terkait pasal 71 ayat 3 UU Nomor 1 Tahun 2015 tentang Pilkada yang telah diubah terakhir dengan UU Nomor 6 Tahun 2020," ucap Anggota Bawaslu Ratna Dewi Pettalolo.


Disebutkan Ratna ada penggunaan kewenangan program dan kegiatan yang menguntungkan paslon. Sehingga akhirnya keluar rekomendasi pembatalan calon yang juga petahana tersebut.


Dikutip dari lembar kajian Bawaslu, Edi terbukti melakukan pelanggaran sebagaimana pasal yang disebutkan Ratna. Yang kemudian ditindaklanjuti Bawaslu untuk mengeluarkan rekomendasi pembatalan atas nama Cabup Edi Damansyah, sebagaimana ketentuan pasal 71 ayat 5 UU Nomor 1 Tahun 2015, yang telah diubah terakhir dengan UU Nomor 6 Tahun 2020.


Seperti diketahui, Edi Damansyah merupakan calon tunggal dalam kontestasi Pilkada Kukar. Berpasangan dengan Rendi Solihin, Edi-Rendi merupakan satu-satunya calon yang memenuhi syarat sebagai peserta Pilkada. Sehingga dalam Pilkada yang akan dihelat 9 Desember mendatang, pasangan ini akan melawan kotak kosong. (cuk)

Share: