• index
  • Pojok Utama
  • Ini Laporan Yang Bikin Edi Damansyah Terancam Didiskualifikasi Dari Pilkada
Foto: Dokumentasi Suara Kaltim

Ini Laporan Yang Bikin Edi Damansyah Terancam Didiskualifikasi Dari Pilkada

POJOKALTIM - Seperti diketahui, Bawaslu RI mengeluarkan rekomendasi kepada KPU untuk membatalkan kepesertaan Edi Damansyah dalam kontestasi Pilkada 2020. Calon petahana ini diduga melanggar pasal 71 ayat 5 UU Nomor 1 Tahun 2015 sebagaimana diubah terakhir kali dengan UU Nomor 6 Tahun 2020.


Dihimpun dari berbagai sumber, rekomendasi ini keluar atas dasar laporan Barisan Relawan Kotak Kosong terkait adanya penyelewengan kewenangan. Mereka melaporkan secara berjenjang dan dalam waktu terpisah. Ada yang dilaporkan ke Bawaslu Kukar, Kaltim dan Bawaslu Pusat. Di antara penyelewengan yang dilaporkan adalah kegiatan peresmian Jalan Oloy di Muara Muntai, Kukar, yang diduga dijadikan media kampanye.


Program lain, yakni penanganan stunting di Kukar. Ada indikasi ketidaksesuaian anggaran yang keluar dengan penggunaannya. Di mana dalam laporan, anggaran stunting digunakan untuk pengadaan mobil yang tak ada korelasinya. Kemudian mobil itu dipasang stiker bertuliskan IDAMAN, tagline dari paslon Edi Damansyah dan Rendi Solihin.


Laporan lainnya terkait program 1 RT 1 Laptop. Di mana program ini disebut dikooptasi untuk kepentingan pilkada. (cuk)

Share: