Tahan Dulu Rindumu Umrah Ke Tanah Suci

Saudi Larang Warga Indonesia Masuk Negaranya

POJOKALTIM - Menjejakkan kaki ke Baitullah adalah mimpi semua kaum Muslimin seluruh dunia. Bisa melihat langsung kakbah, salat di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi di Madinah, adalah puncak kerinduan yang sangat didambakan.


Tapi sepertinya tahun ini, bagi warga Indonesia yang ingin bahkan sudah terjadwal mengunjungi langsung tanah para nabi ini harus menahan rindu itu lebih lama. Hal ini tak lepas dari kebijakan pemerintah Arab Saudi, yang kembali menutup akses penerbangan dari Indonesia, sebagai bagian dari upaya mereka menekan penyebaran virus Covid-19 di negara itu.


Bukan hanya Indonesia, larangan ini juga berlaku bagi beberapa negara. Total ada 20 negara yang warganya dilarang masuk ke Saudi, Uni Emirat Arab, Jerman, Amerika Serikat, Republik Indonesia, Irlandia, Italia, Pakistan, Brasil, Portugis, Inggris, Turki, Afrika Selatan, Swedia, Swiss, Perancis, Lebanon, Mesir, India, dan Jepang. Kebijakan ini berlaku sejak Rabu (3/2).


Tentu kabar ini sangat mengejutkan, terlebih saat ini pelaku usaha perjalanan umrah tanah air tengah bergeliat kembali, usai dibukanya kembali izin masuk. Di mana kebijakan serupa pernah diberlakukan oleh pemerintah Saudi tahun lalu.


Kebenaran kabar ini dinyatakan Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel. "Kemarin siang, selasa, otoritas Saudi sudah infokan kepada kami terkait hal tersebut," kata Agus sebagaimana dilansir oleh Kompas.


Terkait sampai kapan batas waktu pelarangan ini, Agus belum bisa memastikan. Jadi buat yang berencana melaksanakan umrah tahun ini, harap bersabar. Komunikasikan kembali terkait keberangakatan dengan pihak maskapai atau agen perjalanan Anda. (cuk)

Share: