Foto: Humas Pemprov Kaltim

Tingkatkan Pelayanan Kepada Parpol

Pemprov Kaltim Launching Si Itik Naon Paritik

POJOKALTIM, SAMARINDA- Pemprov Kaltim melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) melaunching program/aplikasi Si Itik Si Naon Paritik (Sistem Informasi Politik dan Fasilitasi Layanan Online Bagi Partai Politik) yang bisa diakses melalui website parpol.kesbangpolkaltim.info.  



Launching dilakukan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Prov Kaltim HM Sabani disaksikan Kepala Badan Kesbangpol Sufian Agus, Kepala Biro Kesra Andi Muhammad Ishak, perwakilan Direktorat Ormas Kemendagri dan Kepala Bidang Politik Dalam Negeri Ahmad Firdaus Kurniawan selaku pembuat program Si Itik Si Naon Paritik, pada Forum Diskusi Ormas Kaltim, di Ballroom Crystal Hotel Mercure Samarinda, Senin (29/03/2021).



Kepala Badan Kesbangpol Kaltim Sufian Agus mengatakan program inovatif merupakan bagian dari aksi perubahan kinerja organisasi yang dilakukan oleh Badan Kesbangpol Kaltim. 



"Program atau aplikasi ini merupakan bagian dari upaya peningkatan pelayanan kepada partai politik (parpol) di Kaltim dalam mengakses data dan informasi terkait bidang politik," kata Sufian Agus. 



Dijelaskan, ada dua manfaat atau outcome dari program/aplikasi, yakni manfaat internal dan manfaat eksternal. 



Manfaat internal, atau bagi Badan Kesbangpol sendiri adalah adanya kemudahan dalam penimpanan dan pencarian dokumen data dan infromasi terkait bidang politik. Serta, memberikan kemudahan dalam proses dan mekanisme pelayanan dalam pembuatan surat keterangan terdaftar (SKT) dan pengajuan pencairan bantuan keuangan (bankeu) parpol. 



Sedangkan untuk manfaat eksternal, memberikan kemudahan bagi stakeholder dalam mendapatkan dokumen data dan informasi terkait bidang politik. Meminimalisir temuan terhadap Laporan Pertanggungjawaban (LPj) bankeu parpol. 



"Termasuk memberikan kemudahan bagi parpol dalam mendapatkan fasilitasi pelayanan secara online khususnya di masa pandemi Covid-19 ini," jelasnya. (her/yans/humasprovkaltim).

Share: