Dispusip Bontang Akan Kirim Perwakilannya Ikuti Semua Lomba Garapan DPK Kaltim

POJOKALTIM.CO.ID, BERAU - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Berau akan mengirimkan satu perwakilan dari tiap-tiap bidang lomba yang diadakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2023.

Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan, Perpustakaan, dan Pembinaan Kegemaran Membaca (P3KM) Dispusip Berau, Nurseha dalam rilisnya menyampaikan, Dispusip Berau telah mempersiapkan calon peserta yang akan diusung di lomba-lomba tingkat provinsi.

"Sebelumnya, telah ada sosialisasi dari Kabid P3KM Provinsi Kaltim yang mengumumkan terkait lomba di tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, yang mana untuk tahun ini hanya boleh mengirimkan satu perwakilan dari tiap-tiap bidang lomba dari Kabupaten Kota. Sedangkan, tahun sebelumnya tidak ada batasan untuk jumlah perwakilan yang diusung," kata Nurseha.

"Inshaallah tahun ini kita akan melaksanakan lomba itu dan kita juga sudah mendapatkan sosialisasi dengan Kabid P3KM dari Provinsi Kaltim terkait lomba yang akan dilaksanakan di tingkat provinsi," imbuhnya.

Dijelaskannya, terdapat 8 lomba yang akan digelar Provinsi Kaltim diantaranya lomba bertutur siswa tingkat SD/MI kelas 4 dan 5, lomba penulisan resensi buku inspiratif bagi pelajar tingkat SMK/SMA/MA sederajat, lomba perpustakaan umum desa terbaik, lomba perpustakaan tingkat SLTA, SMP, hingga SD terbaik.

"Dan ada lagi lomba terbaru pada pembuatan konten TikTok terkait pemberdayaan kegemaran membaca, dan  lomba pemilihan penerima panji pembangunan di bidang perpustakaan dan P3KM," terangnya.

"Terkait juknis dan teknis pelaksanaannya akan disampaikan oleh provinsi. Inshaallah dalam Minggu ini mereka akan menyampaikan ke kita," sambungnya.

Dibeberkannya, usai pengadaan lomba dari provinsi akan berlanjut ke tahap nasional.  Untuk itu, pihaknya berharap bagi para perwakilan yang akan diusung nantinya dapat meraih predikat yang membanggakan dan bisa berlanjut ke nasional.

Adapun, untuk pemilihan perwakilan yang akan mengikuti lomba masih pada tahap perancangan terkait siapa yang akan dipilih dari beberapa sekolah yang ada sesuai tingkatannya.

"Kita masih ancang-ancang dan setelahnya tahap verifikasi, serta sudah kami masukkan di daftar untuk sekolah yang mana yang akan dipilih," ujarnya.

Pemilihan dari tiap-tiap sekolah juga berdasarkan dari ketentuan dan persyaratan yang telah ditetapkan.

"Kami sudah mencoba untuk mengerucut pemilihan sekolah baik tingkat SMA, SMP, maupun SD. Seperti salah satunya untuk di tingkat SMA yang dipilih SMA 6 dari Labanan," katanya.

Kendati demikian, pemilihan juga berdasarkan dari kriteria yang sudah ada. Sebagaimana, untuk yang sudah pernah mendapatkan juara di tingkat nasional di tahun terakhir itu tidak diberlakukan untuk kembali mengikuti lomba.

"Untuk SMA 6 Labanan ini hanya pernah menjadi juara harapan. Jadi boleh masuk,  kecuali yang pernah mendapatkan juara satu," pungkasnya. (adv)

Share: