Perpustakaan Taman Cerdas Buka Samapai Jam 3 Sore Selama Ramadan

POJOKALTIM.CO.ID, SAMARINDA - Perpustakaan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Taman Cerdas di Jalan S Parman, terlihat sepi. Hanya terlihat satu penjaga yang menanti datangnya pengunjung untuk sekedar melihat-lihat ataupun membaca buku, Selasa (11/4/2023).

Risma penjaga perpustakaan mengatakan, selama Ramadan, hanya ada sekitar 9 pengunjung yang datang.

"Sebelum Ramadhan lumayan rame, sekitar 30 orang yang datang, tapi di bulan Ramadan sepi pengunjung," ungkapnya.

Dikatakannya lebih lanjut, padahal pengunjung Taman Cerdas terlihat rame pada sore hari. Mungkin jam bukanya saja yang terbatas, mulai dari jam 10 pagi sampai 3.

Melihat kondisi bangunan dengan ukuran kurang lebih 4×6 meter persegi, tidak banyak pengunjung yang bisa masuk, Stok buku yang dipajang juga hanya sekitar 500 buku.

Kekurangan selanjutnya adalah ketersediaan buku untuk anak-anak yang sedikit, karena kebanyakan pengunjung yang datang dari kalangan orang tua yang membawa anak-anaknya.

"Kalo bisa buku dongeng, cerita rakyat dan lain-lain untuk anak-anak itu ditambah, kali disini yang banyak buku dari kesehatan sekitar 200 buku dan buku tanaman sekitar 100 buku," tegasnya.

Risma berharap untuk meningkatkan sosialisasi lagi, karena sungguh disayangkan Taman Cerdas merupakan tempat bermain anak-anak yang tiap hari tidak pernah sepi dari pengunjung. Namun perpustakaannya terlihat sepi.

"Saya berharap ada sosialisasi yang lebih meluas, kebanyakan pengunjung tidak mengetahui ada perpustakaan disini, mungkin tahu tapi karena bukunya juga sedikit orang juga tidak jadi membaca," tutupnya. (adv)

Share: