MUDAH: Lengkapi data sebelum urus JHT. foto aka/pojokaltim

Cepat, Asal Persyaratan Lengkap

Urus Pencairan JHT BPJS Ketenagakerjaan



Mau urus pencairan Jaminan Hari Tua (JHT) di BPJS Ketenagakerjaan? Caranya mudah dan prosesnya juga cepat. Dengan catatan, data atau berkas yang diminta, semua lengkap.


Tadi pagi, Selasa (30/06), saya mengurus pencairan JHT BPJS Ketenagakerjaan di kantor cabangnya di Jalan Juanda Samarinda. Bayangan administrasi yang ribet, proses bertele tele, dan kesulitan lainnya, langsung sirna. Tak lebih 15 menit, semua proses berjalan lancar.


Tapi harap ingat, semua kelengkapan berkas meski dipenuhi. Dan jangan datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan jika belum mendaftar online.


Ya, di saat ini, hanya diterima pendaftaran online. Yang mau daftar, sila klik tautan http://antrian.bpjsketenagakerjaan.go.id/ . Isi lengkapi biodata.


Untuk tanggal pendaftaran, biasanya tergantung kuota. Penulis dapat nomor antrean sekira sepekan setelah mendaftar online. Jika mau cepat, bisa pilih kantor layanan di kota lain terdekat, misal Tenggarong. Biasanya, di kantor Tenggarong tak begitu banyak yang mengurus.


H-1 sebelum ke BPJS Ketenagakerjaan, dapat notifikasi email. Kita diminta untuk membalas pribadi email tersebut. Balasan berupa isian data.


Nah, keesokan harinya, bawa semua berkas. Jangan lupa bawa 1 materai Rp 6.000. Saran, bagi Anda yang dapat antrean pukul 10, sebaiknya datang dekat dekat pukul 10.
Jangan kepagian atau kelewatan jam antrean. Jika terlalu pagi, biasanya yang dilayani antrean yang memang untuk pukul 08.00 sampai 09.00. Dan seterusnya.


Usai berkas diterima petugas di depan pintu masuk, dan dinyatakan lengkap, Anda langsung diminta masuk. Sebelumnya Anda mesti isi buka tamu dulu.


Di dalam kantor, petugas akan mengarahkan Anda untuk mensterilkan tangan dengan cairan khusus. Kemudian diberi nomor antre dan dipersilakan duduk yang jarak kursi dengan satu kursi di helat satu kursi.


Begitu Anda dipanggil petugas, proses administrasinya tak lebih 10 sampai 15 menit. Di sesi terakhir, Anda akan difoto, layaknya pembuatan SIM atau KTP. Kemudian mengisi data.


Dan, silakan menunggu transferan dana JTH Anda. Namun jika lebih dar 2 pekan dana belum masuk ke rekening, kita diberi no telepon untuk konfirmasi.


Mudah dan gampang. Oiya, jangan lupa pake masker ya.

Denny Sulaksono

Share: